Mengenal Akuntansi

Hasil gambar untuk pengantar akuntansi

Akuntansi adalah proses mengkomunikasikan informasi tentang entitas usaha kepada pengguna seperti pemegang saham dan manajer keuangan (Elliot, Barry & Elliot, Jamie: Akuntansi dan Pelaporan Keuangan).

Akuntansi telah didefinisikan sebagai:
seni mencatat, mengklasifikasi, dan meringkas secara signifikan terkait keuangan, transaksi dan peristiwa dan menafsirkan hasilnya. (AICPA)


Pengguna informasi akuntansi - Internal & eksternal

Informasi akuntansi membantu pengguna untuk membuat keputusan keuangan yang lebih baik. Pengguna informasi keuangan terdiri dari pihak internal maupun pihak eksternal  organisasi.

Pengguna internal (pengguna  primer) informasi akuntansi meliputi:

Manajemen: untuk menganalisis kinerja organisasi dan posisi dan mengambil langkah yang tepat untuk meningkatkan hasil perusahaan.

Karyawan: untuk menilai profitabilitas perusahaan dan  akibatnya pada remunerasi dan pengguna pekerjaan mereka masa depan.

Pemilik: untuk menganalisis kelangsungan hidup dan keuntungan dari investasi mereka dan menentukan setiap tindakan masa depan.

Informasi akuntansi disajikan kepada pengguna internal biasanya dalam bentuk manajemen account, anggaran, prakiraan dan laporan keuangan.

Pengguna eksternal (sekunder pengguna) informasi akuntansi meliputi:

Kreditor: untuk menentukan kelayakan kredit organisasi. Persyaratan kredit yang ditetapkan oleh kreditor menurut penilaian kesehatan keuangan pelanggan mereka. Kreditor disini termasuk pemasok serta pemberi pinjaman  seperti Bank.

Otoritas Pajak: untuk menentukan kredibilitas pengembalian pajak yang diajukan atas nama perusahaan.

Investor: untuk menganalisis kelayakan investasi di perusahaan. Investor ingin memastikan bahwa mereka dapat memperoleh hasil yang wajar laba atas investasi sebelum mereka berkomitmen menyuntik sumber daya keuangan untuk perusahaan.

Pelanggan: untuk menilai posisi keuangan pemasoknya. Hal ini  perlu bagi mereka untuk mempertahankan sumber  pasokan yang stabil dalam jangka panjang.

Pihak Berwenang: untuk memastikan bahwa pengungkapan informasi akuntansi perusahaan sesuai dengan aturan dan peraturan yang mengatur perlindungan atas kepentingan stakeholder yang bergantung pada informasi tersebut dalam mengambil keputusan.

Pengguna eksternal mendapatakan informasi akuntansi biasanya dalam bentuk laporan keuangan. Tujuan dari laporan keuangan adalah untuk memenuhi kebutuhan pengguna seperti beragam informasi akuntansi untuk membantu mereka membuat keputusan keuangan.

Akuntansi mencakup pencatatan, klasifikasi, dan meringkas transaksi dan peristiwa-peristiwa dengan maksud membantu para pengguna untuk menilai kinerja keuangan dan posisi  entitas. Proses dimulai  pertama kali dengan mengidentifikasi transaksi dan peristiwa yang mempengaruhi posisi keuangan dan kinerja perusahaan. Setelah transaksi dan peristiwa yang diidentifikasi, mereka dicatat, diklasifikasikan dan diringkas dengan maksud membantu pengguna informasi akuntansi dalam menentukan sifat dan efek transaksi.

Akuntansi adalah profesi yang sangat dinamis yang terus menyesuaikan diri sendiri sesuai dengan berbagai kebutuhan pengguna. Selama beberapa dekade, akuntansi telah bercabang ke berbagai jenis akuntansi untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda dari penggunanya.

Search Term :

Tidak ada komentar :