Judul : Pengertian Management Letter
link : Pengertian Management Letter
Pengertian Management Letter
Management letter merupakan suatu surat yang
dibuat oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) ditujukan kepada klien yang isinya
memberitahukan kelemahan dari pengendalian intern yang ditemukan selama
pelaksanaan pemeriksaan, disertai dengan saran-saran perbaikan dari KAP.
Standar Pekerjaan Lapangan kedua dari SPAP
Pemahaman yang memadai atas pengendalian intern
harus diperoleh untuk merencanakan audit dan menentukan sifat, saat dan lingkup
pengujian yang akan dilakukan
Teknik mengevaluasi Pengendalian Intern
·
Internal
Control Questionnaries
·
Flowchart
(bagan arus dokumen) yang menggambarkan arus dokumen dalam memproses suatu
transaksi, dari awal sampai akhir dengan menggunakan simbol-simbol tertentu
·
Menggunakan
narrative memo (penjelasan tertulis dari sistem dan prosedur akuntansi)
Compliance Test
·
Transaksi
pengeluaran kas (cash disbursement test)
·
Transaksi
penerimaan kas (cash receipts test)
·
Transaksi
penjualan (sales test)
·
Transaksi
pembelian (purchases test)
·
Transaksi
pembayaran gaji (payroll test)
·
Transaksi
koreksi/penyesuaian (journal voucher
test)
Hal-hal yg perlu diperhatikan dalam Compliance test
·
Apakah
setiap transaksi didukung oleh dokumen pendukung yang lengkap
·
Apakah
setiap transaksi diotorisasi oleh pejabat perusahaan yang berwenang
·
Apakah
perhitungan matematis dalam dokumen pembukuan sudah benar
·
Apakah
pendebitan dan pengkreditan transaksi ke masing-masing akun buku besar sudah
benar
Bagaimana Membuat Managemet Letter yg baik
- ML harus tepat waktu, sehingga perusahaan masih sempat melakukan perbaikan –perbaikan dalam pengendalian internnya.
- ML harus berisi saran-saran yang bermanfaat dan bisa diterapkan
- Komentar dan saran-saran dalam ML tidak boleh merupakan sesuatu yg “surprise”
- ML harus ditulis dengan menggunakan bahasa yg baik , halus tdk menyinggung perasaan.
- Kelemahan dan saran yang diberikan dapat diurut berdasarkan urutan pos-pos neraca dan rugi laba atau menurut hal-hal yg paling penting yg perlu penangan secepat mungkin
- Saran-saran yg diberikan harus disesuaikan dengan kondisi bisnis perusahaan dan harus menunujukan kemauan baik KAP untuk membantu pengembangan perusahaan.
- Memberikan ucapan terima kasih kpd klien atas segala bantuan dan kerjasamanya selama melaksanakan pemeriksaan.
•
Prenumbered
Document.
•
Saat
ini dokumen pembukuan yang digunakan perusahaan belum menggunakan nomor urut
dicetak .
•
Kami
sarankan agar perusahaan menggunakan dokumen pembukuan yg prenumbered, untuk
meningkatkan pengendalian intern atas pembelian dan penjualan . Sehingga dapat
dihindari penyalah gunaan dokumen perush untuk kepentingan pribadi.
•
Komentar Manajemen
•
Setuju
dan akan diperbaiki tahun depan.
•
Bukti
Pembayaran
•
Kami
menemukan sebagian besar bukti pembayaran (faktur pembelian, bukti pengeluaran
kas) tidak disetempel lunas.
•
Kami
sarankan agar semua bukti pembayaran disetempel lunas, untuk mencegah bukti
tersebut digunakan untuk kedua kalinya dalam proses pembayaran.
•
Komentar
Manajemen
•
Setuju
dan akan diperbaiki tahun depan.
•
Perangkapan
Tugas
•
Kami
melihat adanya perangkapan tugas, seperti salesman yang merangkap sebagai
pengirim barang dan sebagai petugas
penagihan (collector)
•
Untuk
mencegah terjadinya penyimpangan oleh salesman, kami saran kan agar tugas
pengiriman barang dan penagihan dilakukan oleh petugas yang terpisah.
•
Komentar
Manajemen
•
Setuju
dan akan diperbaiki tahun depan
Tugas dan Tanggung Jawab Tim Audit dlm membuat ML
- Asisten Auditor :
- Sebagai petugas yg terjun ke lapangan setiap hari, bertugas mengumpulkan data dan informasi yang berkaitan dengan pengendalian intern perusahaan
- Mendokumentasikan data dan informasi tsb beserta photo copy bukti pendukung dlm kertas kerja pemerikasaan, untuk ditelaah lebih lanjut oleh senior auditornya.
2. Senior Auditor (pimpinan
tim pemeriksa)
- Menelaah kertas kerja pemeriksaan yg dibuat asisten auditor
- Mengumpulkan hal-hal yang dapat dimasukan dlm ML, sekali gus menyusun konsep ML
- Mendiskusikan konsep ML dengan bagian pajak dan bagian manajemen service dari KAP untuk mendapat komentar mereka dari segi perpajakan dan sistem akuntansi
- Menyerahkan konsep ML kepada audit supervisor/ manager untuk ditelaah.
- Melakukan perbaikan-perbaikan yg diperlukan.
3. Audit Supervisor/Manager
- Menelaah dan mengedit konsep ML, mengusulkan perbaikan-perbaikan yg diperlukan kpd senior auditor
- Menyerahkan konsep ML yg sudah diperbaiki, kepada audit partner untuk ditelaah.
- Setelah ditelaah audit partner dan diperbaiki (jika ada perbaikan dari audit partner), mendeskusikan konsep ML tersebut kpd manajemen perusahaan.
- Melaporkan kepada audit partner mengenai hasil diskusi dengan manajemen perush, dan meminta persetujuan audit partner jika ada saran perubahan dari manajemen perusahaan.
- Membuat finalisasi ML
4. Audit Partner
- Menelaah dan mengedit konsep ML yg diterima dari audit manager dan mendiskusikannya dengan audit manajer dan audit senior (jika perlu)..
- Mengembalikan konsep tsb berikut saran-saran perbaikan kepada audit manajer
- Menelaah kembali konsep yg sudah diperbaiki, kemudian meminta audit manajer untuk mendiskusikannya dengan manajemen perusahaan.
- Membahas dengan audit manajer, hasil diskusi konsep ML yng telah dilakukan audit manajer dengan manajemen
- Menandatangani ML yg final, untuk dikirimkan kepada manajemen perusahaan.
Kesimpulan
- ML merupakan suatu alat komunikasi antara KAP dengan manajemen perusahaan yang diaudit, mengenai pengendalian intern.
- ML merupakan dokumentasi tertulis mengenai kelemahan pengendalian intern dan disarankan perbaikannya kepada klien. Sehingga jika dikemudian hari terjadi kecurangan yng merugikan perusahaan karena kelemahan pengendalian intern yg belum diperbaiki, akuntan publik tdk bisa disalahkan.
- ML bermanfaat baik bagi perusahaan, KAP, maupun staf KAP.
- ML dapat merupakan iklan tdk langsung bagi KAP
- Semua Akuntan Publik harus membiasakan untuk memberikan ML yg baik dan bermanfaat bagi kliennya
TENTANG KAMI
Demikianlah Artikel Pengertian Management Letter
Sekianlah artikel
Pengertian Management Letter
kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Pengertian Management Letter dengan alamat link https://magisterakutansi.blogspot.com/2013/06/pengertian-management-letter.html
0 Response to " Pengertian Management Letter "
Posting Komentar