Welcome to MAGISTER AKUNTANSI - The Perfect Partner For Your Business
Contact : Phone 0821-2566-2195 Wa 0821-2566-2195 Pengertian Management Letter | Magister Akuntansi

Labels

Pengertian Management Letter

Pengertian Management Letter - Hallo sahabat Magister Akuntansi , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian Management Letter , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Auditing , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengertian Management Letter
link : Pengertian Management Letter

Baca juga


Pengertian Management Letter

Management letter merupakan suatu surat yang dibuat oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) ditujukan kepada klien yang isinya memberitahukan kelemahan dari pengendalian intern yang ditemukan selama pelaksanaan pemeriksaan, disertai dengan saran-saran perbaikan dari KAP.

Standar Pekerjaan Lapangan kedua dari SPAP
Pemahaman yang memadai atas pengendalian intern harus diperoleh untuk merencanakan audit dan menentukan sifat, saat dan lingkup pengujian yang akan dilakukan

Teknik mengevaluasi Pengendalian Intern
·         Internal Control Questionnaries
·         Flowchart (bagan arus dokumen) yang menggambarkan arus dokumen dalam memproses suatu transaksi, dari awal sampai akhir dengan menggunakan simbol-simbol tertentu
·         Menggunakan narrative memo (penjelasan tertulis dari sistem dan prosedur akuntansi)

Compliance Test
·         Transaksi pengeluaran  kas (cash disbursement test)
·         Transaksi penerimaan kas (cash receipts test)
·         Transaksi penjualan (sales test)
·         Transaksi pembelian (purchases test)
·         Transaksi pembayaran  gaji (payroll test)
·         Transaksi koreksi/penyesuaian  (journal voucher test)

Hal-hal yg perlu diperhatikan dalam Compliance test
·         Apakah setiap transaksi didukung oleh dokumen pendukung yang lengkap
·         Apakah setiap transaksi diotorisasi oleh pejabat perusahaan yang berwenang
·         Apakah perhitungan matematis dalam dokumen pembukuan sudah benar
·         Apakah pendebitan dan pengkreditan transaksi ke masing-masing akun buku besar sudah benar

Bagaimana Membuat Managemet Letter yg baik
  1. ML harus tepat waktu, sehingga perusahaan masih sempat melakukan perbaikan –perbaikan dalam pengendalian internnya.
  2. ML harus berisi saran-saran yang bermanfaat dan bisa diterapkan
  3. Komentar dan saran-saran dalam ML tidak boleh merupakan sesuatu yg “surprise”
  4. ML harus ditulis dengan menggunakan bahasa yg baik , halus tdk menyinggung perasaan.
  5.  Kelemahan  dan saran yang diberikan dapat diurut berdasarkan urutan pos-pos neraca dan rugi laba atau menurut hal-hal yg paling penting yg perlu penangan secepat mungkin
  6.  Saran-saran yg diberikan harus disesuaikan dengan kondisi bisnis perusahaan  dan harus menunujukan kemauan baik KAP untuk membantu pengembangan perusahaan.
  7.  Memberikan ucapan terima  kasih kpd klien atas   segala bantuan dan kerjasamanya selama melaksanakan pemeriksaan.
 Contoh Saran dalam ML
          Prenumbered Document.
          Saat ini dokumen pembukuan yang digunakan perusahaan belum menggunakan nomor urut dicetak .
          Kami sarankan agar perusahaan menggunakan dokumen pembukuan yg prenumbered, untuk meningkatkan pengendalian intern atas pembelian dan penjualan . Sehingga dapat dihindari penyalah gunaan dokumen perush untuk kepentingan pribadi.
          Komentar  Manajemen
          Setuju dan akan diperbaiki tahun depan.                                                                          
          Bukti Pembayaran
          Kami menemukan sebagian besar bukti pembayaran (faktur pembelian, bukti pengeluaran kas) tidak disetempel lunas.
          Kami sarankan agar semua bukti pembayaran disetempel lunas, untuk mencegah bukti tersebut digunakan untuk kedua kalinya dalam proses pembayaran.
          Komentar Manajemen
          Setuju dan akan diperbaiki tahun depan.
          Perangkapan Tugas
          Kami melihat adanya perangkapan tugas, seperti salesman yang merangkap sebagai pengirim barang  dan sebagai petugas penagihan (collector)
          Untuk mencegah terjadinya penyimpangan oleh salesman, kami saran kan agar tugas pengiriman barang dan penagihan dilakukan oleh petugas yang terpisah.
          Komentar Manajemen
          Setuju dan akan diperbaiki tahun depan

Tugas dan Tanggung Jawab Tim Audit dlm membuat ML
  1. Asisten Auditor :
  1. Sebagai petugas yg terjun ke lapangan setiap hari, bertugas mengumpulkan data dan informasi yang berkaitan dengan pengendalian intern perusahaan
  2. Mendokumentasikan data dan informasi  tsb beserta photo copy bukti pendukung dlm kertas kerja pemerikasaan, untuk ditelaah lebih lanjut oleh senior auditornya.
2. Senior Auditor (pimpinan tim pemeriksa)
  1. Menelaah kertas kerja pemeriksaan yg dibuat asisten auditor
  2. Mengumpulkan hal-hal yang dapat dimasukan dlm ML, sekali gus menyusun konsep ML
  3. Mendiskusikan konsep ML dengan bagian pajak dan bagian manajemen service dari KAP untuk mendapat komentar mereka dari segi perpajakan dan sistem akuntansi
  4. Menyerahkan konsep ML kepada audit supervisor/ manager untuk ditelaah.
  5. Melakukan perbaikan-perbaikan yg diperlukan.
3. Audit Supervisor/Manager
  1. Menelaah dan mengedit konsep ML, mengusulkan perbaikan-perbaikan yg diperlukan kpd senior auditor
  2. Menyerahkan konsep  ML yg sudah diperbaiki, kepada audit partner untuk ditelaah.
  3. Setelah  ditelaah audit partner dan diperbaiki (jika ada perbaikan dari audit partner), mendeskusikan konsep ML tersebut kpd manajemen perusahaan.
  4. Melaporkan kepada audit partner mengenai  hasil diskusi dengan manajemen perush, dan meminta persetujuan audit partner jika ada saran perubahan dari manajemen perusahaan.
  5. Membuat finalisasi ML
4. Audit Partner
  1. Menelaah dan mengedit konsep ML yg diterima dari audit manager dan mendiskusikannya dengan audit manajer dan audit senior (jika perlu)..
  2. Mengembalikan konsep tsb berikut saran-saran perbaikan kepada audit manajer
  3. Menelaah kembali konsep yg sudah diperbaiki, kemudian meminta audit manajer untuk mendiskusikannya dengan manajemen perusahaan.
  4. Membahas dengan audit manajer, hasil diskusi konsep ML yng telah dilakukan audit manajer dengan manajemen
  5. Menandatangani ML yg final, untuk dikirimkan kepada manajemen perusahaan.

Kesimpulan
  1. ML merupakan suatu alat komunikasi antara KAP dengan manajemen perusahaan yang diaudit, mengenai pengendalian intern.
  2. ML merupakan dokumentasi tertulis mengenai kelemahan pengendalian intern dan disarankan perbaikannya kepada klien. Sehingga jika dikemudian hari terjadi kecurangan yng merugikan perusahaan karena kelemahan pengendalian intern yg belum diperbaiki, akuntan publik tdk bisa disalahkan.
  3. ML bermanfaat baik bagi perusahaan, KAP, maupun staf KAP.
  4. ML dapat merupakan iklan tdk langsung bagi KAP
  5. Semua Akuntan Publik harus membiasakan untuk memberikan ML yg baik dan bermanfaat bagi kliennya
   
     TENTANG KAMI



Demikianlah Artikel Pengertian Management Letter

Sekianlah artikel Pengertian Management Letter kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian Management Letter dengan alamat link https://magisterakutansi.blogspot.com/2013/06/pengertian-management-letter.html

0 Response to " Pengertian Management Letter "