Welcome to MAGISTER AKUNTANSI - The Perfect Partner For Your Business
Contact : Phone 0821-2566-2195 Wa 0821-2566-2195 Statistik Deskriptif dan Induktif | Magister Akuntansi

Labels

Statistik Deskriptif dan Induktif

Statistik Deskriptif dan Induktif - Hallo sahabat Magister Akuntansi , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Statistik Deskriptif dan Induktif , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Statistik , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Statistik Deskriptif dan Induktif
link : Statistik Deskriptif dan Induktif

Baca juga


Statistik Deskriptif dan Induktif

Pada umumnya ada dua macam bidang statistik yakni Statistik Deskriptif (Descriptive Statistics) dan Statistik Induktif/Inferensial (Inductive Statistics).

Statistik deskriptif adalah bidang ilmu pengetahuan statistik yang mempelajari tata cara penyusunan dan penyajian data yang dikumpulkan dalam suatu penelitian, misalnya dalam bentuk tabel frekuensi atau grafik, dan selanjutnya dilakukan pengukuran nilai-nilai statistiknya seperti arithmetic mean dan standard deviation. Sedang statistik induktif/inferensial adalah bidang ilmu pengetahuan statistik yang mempelajari tata cara penarikan kesimpulan mengenai keseluruhan populasi berdasarkan data yang ada dalam suatu bagian dari populasi tersebut (disebut sampel). Di dalamnya adalah ‘berisi estimasi, uji hipotesis, prediksi, dan perhitungan derajat asosiasi antara variabel—variabel.

Jadi pada hakikatnya statistik adalah suatu kerangka teori-teori dan metode-metode yang telah dikembangkan untuk melakukan pengumpulan, penganalisaan, dan pelukisan data sampel guna memperoleh kesimpulan-kesimpulan yang bermanfaat. Fungsi utamanya adalah membantu peneliti untuk membuat keputusan-keputusan relatif tentang parameter populasi dari mana data sampel diambil (Chao, 1974: 5).

Pengertian dua macam statistik tersebut menunjukkan bahwa ruang lingkup statistik induktif/ inferensial lebih luas daripada statistik deskriptif. Penarikan kesimpulan yang dilakukan pada statistik induktif/inferensial merupakan generalisasi dari suatu populasi berdasarkan data sampel. Sedangkan penarikan kesimpulan-(kalaupun ada) pada statistik deskriptif hanya ditujukan pada kumpulan data yang ada, bukan untuk tujuan generalisasi. Sesuai dengan ruang lingkup yang dimilikinya, analisis statistik deskriptif akan meliputi.
  1. Distribusi frekuensi serta pengukuran nilai-nilai statistiknya (seperti pengukuran nilai sentral, dispersi,  skewness, dan kurto-sis) dan grafiknya (seperti histogram, frequency polygon, dan ogive).
  2. Angka indeks.
  3. Time series atau deret waktu.
  4. Koefisien regresi dan koefisien korelasi sederhana.

Sedang statistik induktif/inferensial akan mencakup:
  1.        Probabilitas.
  2.        Distribusi teoritis.
  3.       Sampling dan distribusi sampling.
  4.       Estimasi harga parameter.
  5.        Uji hipotesis, termasuk uji chi-square dan analisis variance.
  6.       Analisis regresi untuk prediksi.
  7.       Korelasi dan uji signifikansi.
S    Selanjutnya statistik induktif terbagi lagi menjadi dua yaitu statistik parametrik dan non parametrik. Seperti namanya parametrik mengikuti parameter parameter tertentu sedang non parametrik tidak.
   

     TENTANG KAMI






Demikianlah Artikel Statistik Deskriptif dan Induktif

Sekianlah artikel Statistik Deskriptif dan Induktif kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Statistik Deskriptif dan Induktif dengan alamat link https://magisterakutansi.blogspot.com/2012/12/statistik-deskriptif-dan-induktif.html

0 Response to " Statistik Deskriptif dan Induktif "