Welcome to MAGISTER AKUNTANSI - The Perfect Partner For Your Business
Contact : Phone 0821-2566-2195 Wa 0821-2566-2195 Dilema Etika Dalam Akuntansi | Magister Akuntansi

Labels

Dilema Etika Dalam Akuntansi

Dilema Etika Dalam Akuntansi - Hallo sahabat Magister Akuntansi , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Dilema Etika Dalam Akuntansi , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Akuntansi , Artikel Etika Bisnis , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Dilema Etika Dalam Akuntansi
link : Dilema Etika Dalam Akuntansi

Baca juga


Dilema Etika Dalam Akuntansi

Hasil gambar untuk dilema etika dalam akuntansi

Individu yang berprofesi sebagai akuntan memiliki tanggung jawab besar di masyarakat. Akuntan memberikan informasi tentang perusahaan yang memungkinkan masyarakat untuk membuat keputusan investasi terkait pensiun, pendidikan anak dan pembelian besar seperti di rumah. Publik bergantung pada informasi yang diberikan, harus ada tingkat keyakinan memadai pada pengetahuan dan perilaku akuntan. Perilaku moral pekerti diperlukan dalam profesi akuntansi untuk mencegah kegiatan penipuan dan untuk mendapatkan kepercayaan publik.


Fakta
Dalam sebuah artikel berjudul " Business Accounting Ethics  ", Katherine Smith dan L. Murphy Smith menjelaskan bahwa alasan utama perlunya pedoman etika,bukanlah untuk menyediakan solusi yang tepat untuk setiap masalah, tetapi untuk membantu  proses pengambilan keputusan.
Seperangkat pedoman dibuat untuk menyediakan profesional akuntansi dengan kompas yang mengarahkan dirinya ke arah perilaku etis. Tanggung-jawab khusus profesi akuntansi yang diungkapkan dalam berbagai kode etik ditetapkan oleh organisasi besar seperti American Institute of CPA. Kode etik profesi menguraikan tanggung-jawab seorang akuntan terhadap kepentingan umum dan menekankan integritas, objektivitas dan kehati-hatian.

Makna
Efek dari perilaku yang beretika dalam akuntansi akan berdampak panjang hingga ke perekonomian. Setiap entitas bisnis memiliki akuntan profesional yang menyediakan informasi pada beberapa titik dalam siklus hidup organisasi. Banyak profesional akuntansi tergoda untuk mengubah hasil keuangan dan sering merasionalisasi perilakunya dengan menyebutnya sebagai akuntansi kreatif atau agresif. Akuntansi agresif adalah proses menerapkan  metode  akuntansi yang dipertanyakan untuk meningkatkan hasil. Akuntan mencatat pendapatan dan pengeluaran dalam cara yang salah atau menghilangkan biaya sama sekali. Insiden akuntansi agresif yang kerap terjadi  adalah hasil dari kurangnya perilaku beretika.

Contoh
Contoh umum dari dilema etika dimana manajemen memerintahkan karyawan yang lebih rendah posisinya untuk mencatat transaksi dalam cara yang salah. Sebagai contoh, sebuah perusahaan pada tanggal 31 Desember akhir tahun kalender, menandatangani kontrak dengan konsumen untuk memberikan jasa. Kontrak ini biasanya ditandatangani tanggal 1 Desember  untuk jangka waktu setahun. Prinsip-prinsip akuntansi akrual mewajibkan perusahaan untuk mencatat pendapatan  untuk satu bulan saja, yaitu Desember. Sisa pendapatan mesti diakui pada laporan keuangan tahun depan. Namun, manajemen memerintahkan karyawan untuk mereka mengakui seluruh nilai yang tercantum dalam kontrak pada bulan Desember untuk meningkatkan pendapatan tahun berjalan. Harapannya manajemen menerima bonus karena peningkatan pendapatan perusahaan dan bawahan menerima pengakuan dalam penilaian kinerja mendatang.

Solusi
Sayangnya, dilema etika, seperti contoh yang diberikan, sudah umum terjadi. Untuk membantu mengekang keinginan melakukan praktek akuntansi yang agresif dan mengabaikan perilaku beretika, sejumlah organisasi mewajibkan akuntan professional mereka   mengambil kursus pendidikan profesional  etika secara berkelanjutan. Selain itu, sejumlah perusahaan menetapkan sistem whistleblower Hotline untuk mendorong karyawan untuk menunjukkan kejujuran dan integritas di tempat kerja.

Pertimbangan
Banyak akuntan profesional tidak mendukung kursus etika dan berpendapat bahwa  perilaku ber etika  tidak diajarkan, tetapi hal ini melekat pada kepribadian seseorang. Selain itu, Fakultas Direktur J. Edward Ketz mencatat bahwa dosen akuntansi tidak suka melakukan penelitian atau belajar etika karena pendekatannya yang tidak ilmiah. Hasilnya sulit untuk diperiksa dan sulit untuk diukur tingkat keberhasilan dari kelas kursus atau pelajaran etika



Demikianlah Artikel Dilema Etika Dalam Akuntansi

Sekianlah artikel Dilema Etika Dalam Akuntansi kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Dilema Etika Dalam Akuntansi dengan alamat link https://magisterakutansi.blogspot.com/2016/10/dilema-etika-dalam-akuntansi.html

0 Response to " Dilema Etika Dalam Akuntansi "