Asersi (Assertions)


Asersi adalah pernyataan mengenal (representation of  management ) tentang kewajiban laporan keuangan. The Auditing Standard Board (ASB) dari IACPA yang dibentuk memformulasikan Standar auditing dan Interpretasi telah mengklasifikasikan asersi laporan keuangan sebagai berikut:


  1. Existence on Occurence : apabila semua aktiva dan ekuitas dalam neraca ada, dan/atau apakah seluruh transaksi yang disajikan dalam laporan laba rugi terjadi ?
  2. Completeness : apakah ada aktiva ekuitas,atau transaksi yang tidak dimasukan dalam laporan keuangan ?
  3. Rights and obligations : apakah aktiva yang muncul dalam neraca dimiliki  entitas,dan kewajiban entitas dilaporka pada tanggal neraca ?
  4. Valuation and Allocation : apakah aktiva dan ekuitas secara tepat dinilai sesuai dengan perinsip-perinsip akuntansi yang berlaku umum,dan jumlahnya telah secara layak dialokasikan antara neraca dan laba rugi ( misalnya harga perolehan aktiva versus biaya penyusutan ).
  5. Presentation and Disclosure : apakah klasifikasi seperti aktiva dan hutang lancar versus tidak lancar, penghasilan dan biaya operasi versus non operasi,secara tepat disajikan dalam laporan keuangan, dan pengungkapan dengan catatan kaki memadai dalam laporan keuangan sehingga tidak menyesatkan  (misleading) ?  
Search Term :

Tidak ada komentar :