Manfaat Informasi Akuntansi


Akuntansi dikenal sebagai bahasa bisnis, dan dengan demikian sangat bermanfaat bagi  manajemen. Akuntansi bertugas melakukan pencatatan transaksi dan mengkompilasi mereka dalam laporan. Keuntungan penting dari informasi akuntansi atas jenis informasi lainnya adalah ia didasarkan pada angka angka, yang dapat diukur. Hitam dan putih: Perusahaan dapat untung atau justru mengalami kerugian--angka-angka sudah bicara sendiri.


Objektif
Salah satu keuntungan dari informasi akuntansi adalah objektif dan berdasarkan prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum. Adanya peraturan untuk diikuti pada akuntansi, pada gilirannya  membuat laporan menjadi standar dan sebanding. Data yang dimasukkan dalam sistem akuntansi adalah data yang dapat diverifikasi, bukan pendapat atau keinginan.  Informasi Akuntansi tidak bias.

Dapat Diandalkan
Keuntungan lain dari informasi akuntansi adalah bahwa ia dapat diandalkan. Sebagai contoh, ketika Anda melihat Rp.40,000,000 piutang, Anda berutang banyak kepada orang lain. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang hal itu, laporan dapat menunjukkan kepada  bagaimana angka tersebut dihitung. Angka tidak datang sendiri dari langit. Untuk memasukkannya ke dalam sistem akuntansi, data harus masuk akal dan memiliki dokumentasi yang tepat untuk mendukungnya. Di departemen atau divisi Akuntansi yang dikelola dengan baik,  rekonsiliasi dibuat dan prosedur di tegakkan untuk memastikan keandalan dan keakuratan informasi.

Alat Analisis
Laporan akuntansi dapat dianalisis untuk menyediakan informasi keuangan yang dapat digunakan untuk menjalankan bisnis, perencanaan ke depan dan membuat perubahan ketika bisnis berjalan tidak  seperti yang diharapkan. Jika penjualan item tertentu datar dan tidak seperti yang diharapkan, laporan akuntansi menunjukkan kenyataan ini dan manajemen dapat membuat keputusan tentang hal itu--keuntungan yang jelas dari informasi akuntansi.

Search Term :

Tidak ada komentar :