Welcome to MAGISTER AKUNTANSI - The Perfect Partner For Your Business
Contact : Phone 0821-2566-2195 Wa 0821-2566-2195 Bagaimana Cara Mengelola Kas Kecil | Magister Akuntansi

Labels

Bagaimana Cara Mengelola Kas Kecil

Bagaimana Cara Mengelola Kas Kecil - Hallo sahabat Magister Akuntansi , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Bagaimana Cara Mengelola Kas Kecil , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Akuntansi , Artikel Akuntansi Keuangan , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Bagaimana Cara Mengelola Kas Kecil
link : Bagaimana Cara Mengelola Kas Kecil

Baca juga


Bagaimana Cara Mengelola Kas Kecil


Mengelola kas kecil merupakan aspek penting manajemen keuangan usaha kecil. Kegagalan mengelola kas kecil dapat menyebabkan anda mendapat gambaran tidak lengkap tentang situasi keuangan perusahaan. Hal ini juga dapat menyebabkan kesalahan akuntansi, kesembronoan atau pemborosan pengeluaran, bahkan pencurian oleh karyawan yang tidak bermoral. Untuk mencegah masalah ini muncul adalah dengan mengontrol ketat penggunaan kas kecil dalam bisnis anda serta siapa saja  yang memiliki akses
kas kecil.

Langkah 1
Membuat SOP pada kas kecil. Kebijakan harus jelas tentang apa dan tidak bisa di gunakan melalui dana tunai; idealnya kas kecil terbatas untuk beban pengeluaran kecil saja. Prangko untuk surat atau tissue persediaan toilet yang khas bisnis kecil bisa dibebankan ke kas kecil. Uang tidak BOLEH digunakan untuk pengeluaran pribadi karyawan. Kebijakan Anda mungkin termasuk batas pada jumlah penarikan kas kecil, persyaratan untuk tanda terima untuk barang-barang yang dibeli dari kas kecil, dan daftar karyawan yang berwenang untuk menyetujui dan mencairkan dana. Memastikan semua karyawan akrab dan memahami kebijakan kas kecil.

Langkah 2
Menetapkan satu batas jumlah uang untuk dipertahankan untuk kas kecil, berdasarkan jenis dan jumlah pengeluaran kas kecil yang biasanya Anda buat

Langkah 3
Membeli kotak kas terkunci untuk kas kecil Anda dan menyimpannya di tempat yang aman. Membatasi jumlah karyawan yang memiliki akses ke kotak. Ini membuatnya lebih mudah untuk memastikan semua transaksi yang dicatat dan mengurangi kesempatan pencurian oleh karyawan.

Langkah 4
Buat prosedur dokumentasi atau penomoran sistem voucher  dan menyimpannya dikotak kas. Dokumentasi semua pencairan dari kas kecil pada lembar keluar, yang harus berisi daftar nama karyawan, tanggal, jumlah uang yang ditarik dan tujuan dari penarikan. Sebagai alternatif, mengisi voucher dengan informasi yang sama dan memberikannya kepada penerima kas kecil. Ketika pembelian selesai, karyawan kembali voucher, melekat pada tanggal penerimaan menguraikan pembelian.

Langkah 5
Menetapkan jadwal untuk merekonsiliasi dana kas kecil. Dalam bisnis yang sering melakukan transaksi kas kecil. Tinjauan mingguan mungkin yang paling efektif. Jika bisnis kecil Anda tidak membuat banyak pembelian kas kecil, mungkin cukup bagi Anda untuk meninjau dana sebulan sekali. Jumlah uang dalam kotak, ditambahkan ke total kuitansi, harus selalu sama dengan jumlah standar awal. Sebagai contoh, menganggap jumlah awal adalah 300.000 dan 134.000 dicairkan untuk biaya lain-lain. Harus ada 166.00 tunai yang tersisa di kotak kas, bersama dengan 134.000 bukti pengeluaran. Jika ada perbedaan konsisten, Anda mungkin memilih untuk lebih membatasi orang orang yang memiliki akses ke kas kecil. Mengidentifikasi satu atau dua orang kunci yang dapat mengakses kas kecil dan yang bertanggung jawab untuk mendokumentasikan setiap pembayaran atau pembelian.


Demikianlah Artikel Bagaimana Cara Mengelola Kas Kecil

Sekianlah artikel Bagaimana Cara Mengelola Kas Kecil kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Bagaimana Cara Mengelola Kas Kecil dengan alamat link https://magisterakutansi.blogspot.com/2016/09/bagaimana-cara-mengelola-kas-kecil.html

0 Response to " Bagaimana Cara Mengelola Kas Kecil "