Pacioli


Fra Luca Bartolomeo de Pacioli adalah seorang matematikawan Italia, lahir pada 1445 dan meninggal tahun 1517. Dia adalah seorang kontributor penting bidang akuntansi, meskipun akuntansi bukan dikategorikan sebagai suatu disiplin ilmu pada masanya. Ia lahir di Borgo Sansepolcro, Tuscany dan dikenal sebagai Luca Di Borgo setelah tempat kelahirannya. Dalam kehidupan awal, Pacioli menerima pendidikan abbaco. Pada saat itu, pendidikan dalam bahasa Latin adalah norma. Namun, Pacioli menerima pendidikan dalam bahasa tersebut. Dari usia dini, studinya difokuskan pada pengetahuan perdagangan yang dibutuhkan oleh pedagang, dan ini adalah apa yang menimbulkan minatnya pada akuntansi. Ketika ia pindahke Venesia pada 1464, dia terus belajar dan mengambil  tiga orang putra pedagang sebagai murid lesnya. Pada saat itulah ia menulis dan menerbitkan buku pertamanya agar anak-anak muridnya lebih memahami ajaran-ajarannya.



Dia mulai mengajar sebagai tutor pribadi di Perugia pada tahun 1475. Pada tahun 1477, ia menulis sebuah buku lengkap keahliannya untuk muridnya. Ketika ia pindah ke Milan atas undangan dari Duke Ludovico Sforza pada tahun 1497, ia bertemu dengan Leonardo Da Vinci untuk pertama kalinya . Saat itulah ia mengajar Da Vinci matematika ketika tinggal bersama. Jalan mereka akhirnya berpisah pada 1506. Pacioli meninggal di Sacsepolcro di mana ia menghabiskan sebagian besar waktu terakhirnya .

Pacioli adalah terkenal di bidang akuntansi karena kontribusinya di bidang sistem double entry. Dia adalah orang pertama yang memperkenalkan konsep double entry dalam format buku dan menentukan bahwa setiap transaksi memiliki dua efek. Bukunya Summa de Arithmetica, Geometria, proportioni ET proportionalit√† yang diterbitkan pada tahun 149 mendefinisikan konsep sistem double entry. Sistem inilah para pedagang Venesia pada periode Renaisans Italia. Jika dia tidak memperkenalkan sistem ini dalam bentuk format buku, pengetahuan ini mungkin tidak sampai kepada kita saat itu . Fakta bahwa sistem ini dipertahankan dalam bentuk aslinya seperti itu 500 tahun yang lalu adalah prestasi besar dan jasa yang disematkan pada Pacioli. 

Dia juga memperkenalkan sistem debit dan kredit dan menulis dalam bukunya bahwa akuntan tidak boleh tidur di malam hari sampai sisi debit dan kredit buku besar sama. Dia juga memperkenalkan aturan pembukuan dan buku besar dalam bukunya 
Search Term :

Tidak ada komentar :