Welcome to MAGISTER AKUNTANSI - The Perfect Partner For Your Business
Contact : Phone 0821-2566-2195 Wa 0821-2566-2195 BAGAIMANA SISTIM PENGENDALIAN INTERN YANG BAIK? | Magister Akuntansi

Labels

BAGAIMANA SISTIM PENGENDALIAN INTERN YANG BAIK?

BAGAIMANA SISTIM PENGENDALIAN INTERN YANG BAIK? - Hallo sahabat Magister Akuntansi , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul BAGAIMANA SISTIM PENGENDALIAN INTERN YANG BAIK? , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : BAGAIMANA SISTIM PENGENDALIAN INTERN YANG BAIK?
link : BAGAIMANA SISTIM PENGENDALIAN INTERN YANG BAIK?

Baca juga


BAGAIMANA SISTIM PENGENDALIAN INTERN YANG BAIK?

Sistim Pengendalian Intern yang baik :

Secara umum pengendalian intern dikatakan baik, jika tidak ada seorangpun  berada dalam kedudukan  sedemikian rupa  sehingga ia dapat membuat kesalahan  dan mneruskan tindakan tindakan  yang tidak diinginkan  tampa diketahui dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Supaya Sistem ini dapat berjalan  ia harus meliputi prosedure prosedure  yang dapat menemukan atau memberi isyarat  tentang terjadinya keganjilan keganjilan dalam sistem pertanggung jawaban , prosedure prosedre ini harus dijalankan oleh orang orang yang bebas dari pertnggungan jawab atas transaksi  atau kekayaan  yang dikuasakan kepadanya.

Menurut AICPA 4 unsur pengendalian intern yang baik meliputi:
a. Prosedure
b. Pelaksana
c. Pemisahan Tugas
d. Admnistrasi financial


Sebaik apapun ssuatu istim Pengendalian Intern  tetap tidak akan bisa menghapuskan suatu kecurangan dan penyelewengan, atau tetap akan mempunyai kelemahan  apabila:
  1. Adanya persekongkolan : Persekongkolan (cullusion) menghancurkan sistim pengendalian    intern yang bagaimanapun juga    baiknya.
  2. Biaya:     Pengendalian yang harus kita laksanakan harus mempertimbangkan biaya, Biaya untuk     mengendalikan mungkin bisasaja biaya nya  jadi melebihi kegunaannya. 
  3. Kelamahan manusia:     banyak kebobolan terjadi  pada pengendalian intern  yang secra tioritis  sudah baik, karena    pelaksanannya manusia  yang mempunyai kelemahan sering kali terjadi kecurangan dan    kebobolan.
  4.  Orang orang yang harus memeriksa  apakah prosedure prosedure tertentu sudah/belum     dijalankan,   sering sering membubuhkan parafnya  secara rutin dan otomatis tampa benar benar    melakukan pengawasan. Lobang lobang kecil semacam ini  cukup bagi sipembuat kecurangan untuk meneruskan kecurangan tersebut  tampa diketahui.

     (By :  Drs. Ec. Rus Budijono. MM., Akuntan, Akuntan Reg Neg D. 50.867)



Demikianlah Artikel BAGAIMANA SISTIM PENGENDALIAN INTERN YANG BAIK?

Sekianlah artikel BAGAIMANA SISTIM PENGENDALIAN INTERN YANG BAIK? kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel BAGAIMANA SISTIM PENGENDALIAN INTERN YANG BAIK? dengan alamat link https://magisterakutansi.blogspot.com/2012/06/bagaimana-sistim-pengendalian-intern.html

0 Response to " BAGAIMANA SISTIM PENGENDALIAN INTERN YANG BAIK? "