Welcome to MAGISTER AKUNTANSI - The Perfect Partner For Your Business
Contact : Phone 0821-2566-2195 Wa 0821-2566-2195 Managemen Strategi (Proses) | Magister Akuntansi

Labels

Managemen Strategi (Proses)

Managemen Strategi (Proses) - Hallo sahabat Magister Akuntansi , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Managemen Strategi (Proses) , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Management Strategik , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Managemen Strategi (Proses)
link : Managemen Strategi (Proses)

Baca juga


Managemen Strategi (Proses)


Kuliah kali ini adalah Management Strategi

Kuliah  Manajemen  Strategik  akan  membahas  tentang  bagaimana  mengelola  strategis  suatu  organisasi  mulai  dari perencanaan,  Implementasi   dan  evaluasi  untuk bisa  mencapai  suatu  visi dan misi perusahaan yang telah ditetapkan.

Proses managemen strategi dimulai dengan Business Mission (Misi Bisnis) kemudian menganalisa lingkungan bisnis baik eksternal maupun internal. Lingkungan luar atau eksternal meliputi demographic, economical, technological, political, legal, social dan budaya (culture). Lingkungan dalam atau internal meliputi company reputation, market share, service quality, pricing, distribution, promotion, sales forces effectiveness, product quality, innovation dan jangkauan geograpis.

Selanjutnya memformulasi tujuan (Goal Formulation), memformulasi strategy (Strategic Formulation) serta memformulasi program (program formulation). Langkah berikutnya  adalah implementasi dan yang terakhir adalah umpan balik dan pengendalian (feedback and control).

Setelah Misi Bisnis di tetapkan, langkah berikutnya adalah menganalisa lingkungan biasanya melalui analisa SWOT. SWOT merupakan alat analisa yang bisa di quantifisir dan cukup powerful.

Setelah analisa dilakukan tujuan bisa diformulasikan, tujuan bisa di tetapkan berupa keuntungan, peningkatan penjualan, market share, mengurangi resiko, inovasi, dan terakhir reputasi. Tujuan tujuan ini bisa di mix tergantung hasil analisa lingkungan ekternal dan internal. Dari tujuan  tujuan diatas keuntungan (profitability) dan pertumbuhan penjualan (sales growth) adalah yang menentukan hidup tidaknya perusahaan.

Bila goal atau tujuan sudah di formulasi, strategi bisa diformulasikan, contoh dari strategi adalah harga murah ( low price), larger market share atau overall cost leadership.

Strategi bisa diterjemahkan dalam program program yang operasional, seperti market intelligence, R&D, technology intelligent, developing leading product, dan training sales force.

Semua proses management strategi  tidak berguna bila tidak ada implementasi yang dilakukan. Maka selanjutnya adalah eksekusi dari program strategi yang telah dirumuskan. 

Langkah terakhir seperti dirumuskan pakar management Taylor adalah evaluasi dan umpan balik untuk menilai apakah ada perbedaan antara  tujuan dan  hasil, sehingga bisa diambil langkah langkah selanjutnya.

Lihat Gambar

 




Demikianlah Artikel Managemen Strategi (Proses)

Sekianlah artikel Managemen Strategi (Proses) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Managemen Strategi (Proses) dengan alamat link https://magisterakutansi.blogspot.com/2012/08/managemen-stratejik-proses.html

0 Response to " Managemen Strategi (Proses) "