Judul : Managemen Strategi (Proses)
link : Managemen Strategi (Proses)
Managemen Strategi (Proses)
Kuliah kali ini adalah Management Strategi
Kuliah Manajemen
Strategik akan membahas
tentang bagaimana mengelola
strategis suatu organisasi
mulai dari perencanaan, Implementasi dan
evaluasi untuk bisa mencapai
suatu visi dan misi perusahaan
yang telah ditetapkan.
Proses managemen strategi dimulai dengan Business Mission (Misi Bisnis)
kemudian menganalisa lingkungan bisnis baik eksternal maupun internal. Lingkungan luar atau eksternal meliputi demographic, economical, technological, political, legal, social dan budaya (culture). Lingkungan dalam atau internal meliputi company reputation, market share, service quality, pricing, distribution, promotion, sales forces effectiveness, product quality, innovation dan jangkauan geograpis.
Selanjutnya memformulasi tujuan (Goal Formulation), memformulasi strategy (Strategic Formulation) serta memformulasi program (program formulation). Langkah berikutnya adalah implementasi dan yang terakhir adalah umpan balik dan pengendalian (feedback and control).
Selanjutnya memformulasi tujuan (Goal Formulation), memformulasi strategy (Strategic Formulation) serta memformulasi program (program formulation). Langkah berikutnya adalah implementasi dan yang terakhir adalah umpan balik dan pengendalian (feedback and control).
Setelah Misi Bisnis di tetapkan, langkah berikutnya adalah menganalisa
lingkungan biasanya melalui analisa SWOT. SWOT merupakan alat analisa yang bisa di quantifisir dan cukup powerful.
Setelah analisa dilakukan tujuan bisa diformulasikan, tujuan bisa di
tetapkan berupa keuntungan, peningkatan penjualan, market share, mengurangi
resiko, inovasi, dan terakhir reputasi. Tujuan tujuan ini bisa di mix
tergantung hasil analisa lingkungan ekternal dan internal. Dari tujuan
tujuan diatas keuntungan (profitability) dan pertumbuhan penjualan (sales growth) adalah yang menentukan hidup tidaknya
perusahaan.
Bila goal atau tujuan sudah di formulasi, strategi bisa diformulasikan,
contoh dari strategi adalah harga murah ( low price), larger market share atau overall cost
leadership.
Strategi bisa diterjemahkan dalam program program yang operasional, seperti
market intelligence, R&D, technology intelligent, developing leading
product, dan training sales force.
Semua proses management strategi tidak berguna bila tidak ada
implementasi yang dilakukan. Maka selanjutnya adalah eksekusi dari program
strategi yang telah dirumuskan.
Langkah terakhir seperti dirumuskan pakar management Taylor adalah evaluasi
dan umpan balik untuk menilai apakah ada perbedaan antara tujuan
dan hasil, sehingga bisa diambil langkah langkah selanjutnya.
Lihat Gambar
Demikianlah Artikel Managemen Strategi (Proses)
Sekianlah artikel
Managemen Strategi (Proses)
kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Managemen Strategi (Proses) dengan alamat link https://magisterakutansi.blogspot.com/2012/08/managemen-stratejik-proses.html
0 Response to " Managemen Strategi (Proses) "
Posting Komentar