Welcome to MAGISTER AKUNTANSI - The Perfect Partner For Your Business
Contact : Phone 0821-2566-2195 Wa 0821-2566-2195 Pengantar SIA | Magister Akuntansi

Labels

Pengantar SIA

Pengantar SIA - Hallo sahabat Magister Akuntansi , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengantar SIA , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel SIA , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengantar SIA
link : Pengantar SIA

Baca juga


Pengantar SIA

Dalam matakuliah Sistem Informasi Akutansi (SIA) ada beberapa pertanyaan yang perlu dijawab dan dipahami terlebih dahulu. Diantaranya  adalah apa arti sistem itu sendiri, apa arti dari data dan apa makna bagi informasi. Dan tentunya arti atau definisi dari SIA.

Menurut Josep W. Wikinson, sistem adalah suatu kumpulan komponen yang saling terkait yang saling berinteraksi dalam rangka mencapai tujuan  (a set of interrelated component that interact to achieve goal). Umumnya sistem memiliki sub sistem subsitem atau sistem sistem yang lebih kecil dibawahnya.

Data adalah fakta fakta yang dikumpulkan, dicatat dan disimpan dan diproses oleh sistem informasi. Organisasi mengumpulkan data tentang peristiwa terjadi (event thats occur), sumberdaya yang tekena dampak dari peristiwa (resource that affected by those event) serta siapa yang terlibat (agent whose participate in the event)


Informasi berbeda dengan data, informasi adalah data yang telah di organisasi dan di proses untuk menyediakan makna bagi pengguna. Biasanya informasi yang lebih banyak dan lebih baik akan menghasilkan keputusan yang lebih baik.

Maka berdasarkan pemahan diatas beberapa ahli mendefinisi Sistem Informasi Akutansi (SIA). SIA menurut Steven A. Moscove adalah suatu komponen organisasi yang mengumpulkan, mengklasifikasi, mengolah, menganalisa, dan mengkomunikasikan informasi finansial dan pengambilan keputusan yang relevan kepada pihak diluar perusahaan (kantor pajak, kreditor, investor) dengan pihak intern (terutama manajemen).

Menurut George H. Bodnar SIA adalah kumpulan dari sumber sumber daya semacam orang orang dan peralatan, dirancang untuk mengubah data ekonomi ke dalam informasi yang berguna.

Menurut Joseph W. Wilkinson,  adalah sistem yang mengumpulkan, mencatat, menyimpan dan memproses data untuk menghasilkan informasi untuk pengambilan keputusan.

Definisi lain dari SIA adalah suatu kerangka kerja yang terintegrasi pada suatu entitas yang melibatkan sumber daya untuk mentransformasikan data ekonomi ke dalam bentuk informasi keuangan yang digunakan untuk:
                  1. Membentuk operasi dan aktifitas dalam lembaga
                  2. Menyediakan informasi tentang entitas tersebut

Selanjutnya SIA bila di jabarkan lebih jauh melaksanakan 4 (empat) tugas dasar dalam pengolahan data yaitu :

                 1. Pengumpulan Data
                 2. Manipulasi Data meliputi
                     a. Pengklasifikasian
                     b. Penyortiran
                     c. Penghitungan
                     d. Pengihktisaran
                 3. Penyiapan Data
                 4. Penyiapan Dokumen
                     a. berkaitan dengan tindakan misalnya Faktur
                     b. berkaitan dengan Jadwal misalnya Laporan Keuangan



Demikianlah Artikel Pengantar SIA

Sekianlah artikel Pengantar SIA kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengantar SIA dengan alamat link https://magisterakutansi.blogspot.com/2012/08/sistem-informasi-akutansi-pengantar.html

0 Response to " Pengantar SIA "