Judul : Management Audit Untuk Bisnis UKM
link : Management Audit Untuk Bisnis UKM
Management Audit Untuk Bisnis UKM
Berikut adalah terjemahan yang dikutip dari prenhall.com tentang audit management small business.
Audit
keuangan adalah analisa dari posisi keuangan lampau dan sekarang yang didesain
untuk memverifikasi dan mengevaluasi efektivitas operasi keuangan. Ini membantu
management mendeteksi kondisi yang membawa pada persoalan keuangan dimasa
depan.
Mirip
dengan management audit, meskipun cakupannya lebih luas daripada audit
keuangan, bertujuan mendeteksi potensi persoalan manejerial yang terjadi
diperusahaan UKM yang mengancam eksistensi. Seringkali
manejer bisnis UKM terlibat teramat dekat dengan operasional perusahaan
sehingga ia tidak pernah dapat mengenali areal persoalan utamanya. Tipikal
pemilik, bekerja dengan persoalan harian perusahaan, sulit untuk melihat
persoalan secara objektif. Sebagai hasilnya ia gagal menilai kebutuhan untuk
perubahan kebijakan dan prosedur untuk menghadapi perubahan cepat kondisi
bisnis.
Pertanyaan pertanyaan berikut
ini didesain untuk membantu manager bisnis UKM dalam mengevaluasi kekuatan dan
kelemahan secara jujur dan
mendefinisikan peluang dan kesulitan yang potensial. Ini adalah poin awal untuk
pemilik untuk membuat perencanaan untuk mengembangkan performance perusahaan.
Material ini menyajikan ceklis sederhana .
Manager bisnis UKM akan
menemukan kegunaan audit dalam melakukan jasa konsultasi untuk bisnis UKM. Gunakan
secara tepat, managemen audit menawarkan saran-saran untuk meningkatkan kinerja
managerial dan bisnis.
YOURSELF
- Apakah anda berkualifikasi bagus untuk memenej bisnis UKM dengan sukses? Anda energik? Antusias? Mau belajar? Mau menerima tanggungjawab dan membuat keputusan? Bisa berhubungan dengan baik dengan orang lain? Bisa memotivasi bawahan?
- Apakah anda seorang pendengar yang baik?Seorang manager dapat belajar banyak dengan mendengar kepada karyawan, pelanggan, pemasok, pesaing—siapa saja yang berhubungan dengan perusahaan.
- Apakah
anda memonitor perubahan dipasar yang berpengaruh pada operasi bisnis? Apakah
anda membaca koran bisnis dan perdagangan yang relevan secara periodik?
Publikasi ini menawarkan informasi berharga kepada tipikal pemilik bisnis UKM.
- Apakah
anda menjadi anggota asosiasi perdagangan atau organisasi bisnis lainnya?
Pemilik usaha bisa belajar dengan sesama pemilik bisnis lain yang
menghadapi persoalan dan peluang yang sama?
- Apakah anda
menghadiri seminar dan kelas atau kelas yang di desain untuk pemilik
bisnis UKM yang disponsori oleh asosiasi perdagangan lokal, kampus, atau
kamar dagang?Kelas-kelas ini sering menawarkan saran-saran untuk
meningkatkan tehnik managerial dan biasanya tidak mahal
- Apakah
anda aktif dalam klub lokal dan organisasi? Asumsinya peran aktif dalam
komunitas lokal dapat menjadi cara efektif dalam membangun imej positif
bisnis dan meningkatkan penjualan.
- Apakah
anda menarik gaji yang masuk akal sebagai pemilik dan manager dari bisnis?
Apakah pendapatan anda setidaknya sama banyak bila bekerja pada orang
lain?
- Apakah
bisnis menghasilkan pendapatan yang masuk akal terhadap investasi?Apakah
anda mendapatkan dari bisnis sebanyak bila investasi pada bisnis lain dengan
resiko yang sama?
- Apakah
anda menggunakan jasa Administrasi Bisnis UKM dan jasa lain dari yang
disediakan pemerintah? Publikasi, seminar, dan jasa konsultasi merupakan
alat bantu managerial yang benilai.
STRATEGIC PLANNING
- Apakah anda mengetahui bisnis apa yang sedang dilakoni?Dengan kata lain, apakah anda membangun statement tertulis dari misi dasar perusahaan? Tanpa panduan misi, bisnis berbatas kegagalan.
- Apakah anda menulis deskripsi pangsa pasar?Mengetahui dimana produk anda dan jasa ditujukan memfasilitasi pembentukan tema yang satu untuk bisnis.
- Apakah anda tahu karakteristik pelanggan?Dimana pelanggan berada?Sebagai tambahan untuk produk yang terlihat, apa yang mereka beli ketika membeli dari anda?
- Apakah anda memiliki strategi induk yang didesain untuk menjaga perusahaan tetap terdepan dalam kompetisi?Apakah Apakah anda telah mengidentifikasi kompetensi utama-kualitas yang membedakan dengan kompetitor?Setiap bisnis UKM harus mendefinisikan keuntungan kompetitifnya dan mencari untuk mempertahankannya melalui perencanaan.
- Apakah anda menulis tujuan untuk memandu kinerja perusahaan diareal kritis?Apakah mereka spesifik dan terukur?Apakah termasuk bingkai waktu dan indeks mengukur kemajuan?
- Sudahkah anda menulis kebijakan tertulis untuk memandu tindakan dan keputusan dalam organisasi dan memastikan konsistensi? Apakah karyawan mengetahui kebijakan ini? Apakah mereka mengikutinya?
- Apakah
anda telah mengidentifikasi peluang potensial untuk meningkatkan penjualan
dan keuntungan perusahaan? Produk baru, pasar baru, lokasi baru dapat mengembangkan bisnis untuk perusahaan UKM
jika managemen mempunyai kapasitas menjangkaunya.
- Apakah
anda berusaha melihat kondisi masa depan dan perubahannya yang dapat
berpengaruh signifikan terhadap bisnis? Apakah anda meramalkan trend ekonomi masa
depan dan dampaknya terhadap bisnis? Meskipun ramalan tidak adanya yang
sempurna, manager sebaiknya melakukan sesuatu terhadap masa depan untuk terhindar
dari kejutan dari perubahan masa depan yang tak terlihat.
- Apakah
anda melakukan penilaian terhadap tindakan pesaing sehingga bisa mengatur
strategi menghadapi mereka?Bagaimana tanggapan pelanggan perusahaan anda
dibandingkan dengan kompetitor?
ORGANIZATIONAL STRUCTURE
- Apakah
anda membangun bagan struktur organisasi? Apakah bagan struktur
mengilustrasikan hubungan yang tepat antara individu dan fungsinya?
- Apakah
struktur organisasi mengindikasikan secara jelas siapa yang berwenang,
bertanggungjawab, dan akuntabel untuk setiap fungsi?
- Apakah
setiap orang diorganisasi telah memiliki deskripsi kerja tertulis? Apakah
deskripsi kerja telah secara akurat mendefinisikan seluruh tanggungjawab
kerja termasuk hubungan atasa bawahan?
- Ketika
pendelegasian terjadi, apakah perjanjian ditulis untuk memastikan kesepahaman yang sama terhadap tanggungjawab?
HUMAN RESOURCES MANAGEMENT
- Apakah anda saat ini mentaati seluruh peraturan dan hukum pemerintah tentang ketenagakerjaan?
·
Karyawan (rekrutmen dan seleksi)?
·
Pelatihan?
·
Keselamatan kerja dan kesehatan?
·
Penilaian Kinerja?
·
Upah, jam, dan kondisi kerja?
- Apakah seluruh pencatatan data karyawan sesuai dengan peraturan pelaporan yang ada?
- Apakah anda membangun dan menggunakan spesifikasi pekerjaan yang divalidasi dalam menyewa tenaga kerja?
- Adakah program pengembangan yang baik untuk orientasi kerja yang disediakan untuk setiap karyawan baru?
- Apakah setiap karyawan yang baru ataupun yang dipindahkan pada pekerjaan baru telah menerima pelatihan yang cukup tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan pekerjaannya?
- Apakah upah, gaji, dan manfaat lain dapat dibandingkan dengan perusahaan lain dalam industri dan area yang sama?
- Apakah
anda memiliki system evaluasi kinerja atau penilaian? Ini terkait dengan gaji karyawan?
- Adakah
program pelatihan ditawarkan sebagai peningkatan kualitas untuk karyawan
yang akan naik jabatan di organisasi?
- Apakah seluruh karyawan memiliki copy kebijakan dan prosedur perusahaan? Apakah hal ini direviu secara regular?
ACCOUNTING SYSTEM
- Apakah anda memiliki system akuntansi yang menyediakan dalam skala penuh data yang cukup untuk melakukan keputusan managemen?
- Apakah system akuntansi anda menyediakan pelaporan keuangan bulanan?
- Apakah
anda memahami setiap elemen pelaporan keuangan yang diterima?
- Apakah pembukuan diaudit tahunan oleh akuntan public independent?
- Apakah anda
secara konsisten mengaplikasikan analisa breakeven dan biaya peluang pada
aktivitas bisnis?
- Apakah piutang dilihat jatuh temponya secara regular?
- Apakah system akuntansi anda menyediakan anggaran dan pernyataan yang diperlukan untuk pajak penghasilan dan deposit,serta pembayaran dari kompensasi pemutusan hubungan kerja dan kompensasi kewajiban karyawan?
- Apakah
system akuntansi anda telah secara cukup mempresentasikan bisnis dan
pertumbuhan dalam waktu dekat?
- Apakah
anda merekonsiliasi rekening koran bank secara bulanan?
- Apakah
anda melakukan revaluasi matauang
asing setiap bulan?
- Apakah
anda melakukan mendepresiasi fixed asset setiah bulan?
- Apakah anda menyimpan catatan upah dan gaji untuk karyawan harian?
- Apakah anda secara cukup memenej kas melalui anggaran kas?
BUDGETING AND EXPENSE CONTROL
- Apakah pembiayaan pada perusahaan anda berdasar pada alokasi sistem anggaran?
- Apakah
anggaran anda terikat ada periode waktu, standar kinerja dan insentif?
- Apakah anda menyiapkan proposal anggaran untuk operasi perusahaan dimasa depan?
- Apakah anggaran digunakan untuk mengawasi jumlah dan tingkat pembiayaan?
- Apakah
anggaran anda menyiapkan catatan untuk peningkatan kinerja?
- Ketika
menyiapkan anggaran apakah anda berdiskusi dengan karyawan kunci?
- Apakah
anda telah menganalisa biaya-biaya bisnis yang tetap pada satu periode,
seperti sewa dan gaji staff dan supervisor?
- Apakah
anda berusaha untuk mengkonstruksi model titik impas untuk bisnis anda?
- Apakah
anda telah membandingkan antara biaya, pendapatan, dan figur keuntungan
dengan data-data industri yang sama dari asosiasi perdagangan anda?
- Pada akhir
periode akuntansi apakah anda mereview operasi aktual dibanding prediksi
bersama-sama?
CASH MANAGEMENT
- Apakah
semua penerimaan kas disimpan di akun bank perusahaan?
- Apakah
pencatatan penerimaan kas diproses oleh dua atau lebih orang yang bekerja
secara independen?
- Apakah
penarikan kas dikontrol melalui penomoran cek?
- Apakah
anda memonitor secara terus menerus
dan menyamakan antara penarikan kas dengan otorisasi aslinya?
- Apakah semua cek dan purchase orders dinomori dan dicatat?
- Apakah anda menginvestasikan kelebihan kas pada saat tertentu secara produktif?
- Dapatkah anda menggunakan kredit line untuk mengurangi kebutuhan akan kas?
- Apakah
anda menghitung kash flow secara reguler?
TAXES AND LEGAL OBLIGATIONS
- Apakah
anda mengelola kalender pajak yang menunjukkan berbagai peraturan yang
diatur oleh negara?
- Apakah seseorang bertanggungjawab untuk semua laporan dan pembayaran pajak?
- Apakah anda menyimpan catatan pajak individual karyawan untuk memastikan semuanya tercatat secara rapih dan tidak menyulitkan?
- Apakah orang yang menyiapkan pembayaran gaji selalu update pada gaji maksimum untuk tujuan pajak?
- Jika penjualan anda termasuk subyek pajak apakah anda mencatat secara cukup perbedaan antara penjualan yang kena pajak dengan yang tidak kena?
- Apakah anda melakukan pencatatan yang cukup atas peralatan, tanggal berapa dibeli, dasar perhitungan aset, usia aset, metode depresiasi, akumulasi depresiasi, dan lokasi aset?
- Jika anda memiliki rencana pensiun atau perencanaan bagi hasil, apakah anda telah menyampaikan pada pengacara anda , mengenai pelaporan yang dibutuhkan oleh pemerintah dan pada karyawan?
- Apakah seluruh perizinan bisnis up to date?
RISK AND INSURANCE
- Apakah
anda menganalisa risiko bisnis dan karyawan mengetahuinya dalam operasi
normal?
- Apakah
anda mengasumsikan risiko yang tidak perlu?
- Sudahkah
broker asuransi professional telah melakukan inspeksi untuk membantu anda
mengidentifikasi area dimana risiko dapat di kurangi?
- Apakah
anda mengsuransikan karyawan kunci dalam bisnis?
- Sudahkah
anda sudah mengambil keuntungan dari seluruh kemungkinan pemotongan biaya?
- Apakah anda mereviu secara periodic program asuransi?
PURCHASING
- Apakah anda secara reguler mereviu kualitas dari produk yang dibeli , ketepatan waktu pengiriman, dan kualitas jasa pelayanan lain yang disediakan oleh suplier?
- Apakah anda melakukan tawar menawar pada pembelian ketika tidak yakin berapa seharusnya harga?
- Apakah anda memiliki lebih dari satu sumber suplai untuk item yang kritis?
- Apakah
sebagian besar pembelian dibuat pada harga yang tepat?
- Apakah
anda membeli sejumlah besar berdasar spesifikasi, daripada merek atau sederhananya
menerima apa yang suplier tawarkan?
- Apakah
anda memiliki kebijakan dan prosedur terhadap siapa yang berhak untuk
membeli barang dan jasa? Menerima telpon salesman? Menyiapkan pembelian?
Proses pencatatan?
- Apakah
anda mereviu prosedur pembelian yang ada untuk melihat apakah ia telah
memenuhi harapan anda?
- Apakah
volume pembelian untuk semua item tertentu menjamin anda berhubungan
langsung dengan pembuatnya?
MARKETING AND SALES PROMOTION
- Apakah
anda mengetahui segment spesifik pasar bisnis yang anda layani?
- Apakah
anda dapat menentukan mengapa produk dan jasa yang anda jual dapat melawan
kompetitor?
- Apakah
pelayanan yang anda berikan untuk produk anda superior dibanding
kompetitor?
- Apakah perusahaan dan jasa anda memiliki reputasi bagus di benak konsumen?
- Apakah anda berhadapan dengan kompetitor secara langsung atau menjual produk yang terdifferensiasi yang membawa harga dan nilai hubungan yang berbeda?
- Apakah
pemasaran dan upaya promosi jujur dan langsung?
- Apakah
seluruh aspek pemasaran dan promosi telah dikoordinasikan dengan
perencanaan dan penjadwalan?
- Apakah
pemasaran dan upaya promosi dkontrol oleh anggaran yang bila berubah
disertai alasan yang jelas.
LOCATION
- Adakah operasi anda telah nyaman dan mudah dicapai oleh target pasar?
- Apakah fasilitas transportasi seperti akses, parkir, loading dan unloading, transportasi public, dan pencahayaan terbangun dengan baik dilokasi anda?
PRICING
a. Apakah harga anda secara kompetitif
berdasar pada kualitas dan jasa yang ada pada produk terjual?
b. Apakah anda menggunakan analisa breakeven
dalam menghitung biaya untuk seting harga?
c. Apakah skala ekonomi dalam operasi anda
yang memungkinkan anda menjual dengan harga yang lebih rendah dibanding kompetitor?
d. Apakah anda membangun strategi harga yang
memungkinkan anda menyesuaikan harga untuk menghadapi situasi persaingan ketika
terjadi?
PLANNING FOR GROWTH
- Apakah aktivitas harian yang begitu melibatkan anda sehingga tidak ada kesempatan untuk perencanaan yang lebih kedepan?
- Apakah anda menemukan krisis yang terjadi memaksa anda untuk melakukan sebagian besar perubahan sebelum anda mampu menganalisa mereka?
- Apakah anda menyiapkan seseorang untuk menggantikan anda?
Demikianlah Artikel Management Audit Untuk Bisnis UKM
Sekianlah artikel
Management Audit Untuk Bisnis UKM
kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Management Audit Untuk Bisnis UKM dengan alamat link https://magisterakutansi.blogspot.com/2013/05/management-audit-untuk-bisnis-ukm.html
0 Response to " Management Audit Untuk Bisnis UKM "
Posting Komentar