Welcome to MAGISTER AKUNTANSI - The Perfect Partner For Your Business
Contact : Phone 0821-2566-2195 Wa 0821-2566-2195 Management Audit Untuk Bisnis UKM | Magister Akuntansi

Labels

Management Audit Untuk Bisnis UKM

Management Audit Untuk Bisnis UKM - Hallo sahabat Magister Akuntansi , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Management Audit Untuk Bisnis UKM , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Auditing , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Management Audit Untuk Bisnis UKM
link : Management Audit Untuk Bisnis UKM

Baca juga


Management Audit Untuk Bisnis UKM

Berikut adalah terjemahan yang dikutip dari prenhall.com tentang audit management small business.

Audit keuangan adalah analisa dari posisi keuangan lampau dan sekarang yang didesain untuk memverifikasi dan mengevaluasi efektivitas operasi keuangan. Ini membantu management mendeteksi kondisi yang membawa pada persoalan keuangan dimasa depan.

Mirip dengan management audit, meskipun cakupannya lebih luas daripada audit keuangan, bertujuan mendeteksi potensi persoalan manejerial yang terjadi diperusahaan UKM yang mengancam eksistensi. Seringkali manejer bisnis UKM terlibat teramat dekat dengan operasional perusahaan sehingga ia tidak pernah dapat mengenali areal persoalan utamanya. Tipikal pemilik, bekerja dengan persoalan harian perusahaan, sulit untuk melihat persoalan secara objektif. Sebagai hasilnya ia gagal menilai kebutuhan untuk perubahan kebijakan dan prosedur untuk menghadapi perubahan cepat kondisi bisnis.
 
Pertanyaan pertanyaan berikut ini didesain untuk membantu manager bisnis UKM dalam mengevaluasi kekuatan dan kelemahan  secara jujur dan mendefinisikan peluang dan kesulitan yang potensial. Ini adalah poin awal untuk pemilik untuk membuat perencanaan untuk mengembangkan performance perusahaan. 

Material ini menyajikan ceklis sederhana .

Manager bisnis UKM akan menemukan kegunaan audit dalam melakukan jasa konsultasi untuk bisnis UKM. Gunakan secara tepat, managemen audit menawarkan saran-saran untuk meningkatkan kinerja managerial dan bisnis.



YOURSELF
  1. Apakah anda berkualifikasi bagus untuk memenej bisnis UKM dengan sukses? Anda energik? Antusias? Mau belajar? Mau menerima tanggungjawab dan membuat keputusan? Bisa berhubungan dengan baik dengan orang lain? Bisa memotivasi bawahan?
  2. Apakah anda seorang pendengar yang baik?Seorang manager dapat belajar banyak dengan mendengar kepada karyawan, pelanggan, pemasok, pesaing—siapa saja yang berhubungan dengan perusahaan.
  3. Apakah anda memonitor perubahan dipasar yang berpengaruh pada operasi bisnis? Apakah anda membaca koran bisnis dan perdagangan yang relevan secara periodik? Publikasi ini menawarkan informasi berharga kepada tipikal pemilik bisnis UKM.
  4. Apakah anda menjadi anggota asosiasi perdagangan atau organisasi bisnis lainnya? Pemilik usaha bisa belajar dengan sesama pemilik bisnis lain yang menghadapi persoalan dan peluang yang sama?
  5. Apakah anda menghadiri seminar dan kelas atau kelas yang di desain untuk pemilik bisnis UKM yang disponsori oleh asosiasi perdagangan lokal, kampus, atau kamar dagang?Kelas-kelas ini sering menawarkan saran-saran untuk meningkatkan tehnik managerial dan biasanya tidak mahal
  6. Apakah anda aktif dalam klub lokal dan organisasi? Asumsinya peran aktif dalam komunitas lokal dapat menjadi cara efektif dalam membangun imej positif bisnis dan meningkatkan penjualan.
  7. Apakah anda menarik gaji yang masuk akal sebagai pemilik dan manager dari bisnis? Apakah pendapatan anda setidaknya sama banyak bila bekerja pada orang lain?
  8. Apakah bisnis menghasilkan pendapatan yang masuk akal terhadap investasi?Apakah anda mendapatkan dari bisnis sebanyak bila investasi pada bisnis lain dengan resiko yang sama?
  9. Apakah anda menggunakan jasa Administrasi Bisnis UKM dan jasa lain dari yang disediakan pemerintah? Publikasi, seminar, dan jasa konsultasi merupakan alat bantu managerial yang benilai.

STRATEGIC PLANNING
  1. Apakah anda mengetahui bisnis apa yang sedang dilakoni?Dengan kata lain, apakah anda membangun statement tertulis dari misi dasar perusahaan? Tanpa panduan misi, bisnis berbatas kegagalan.
  2. Apakah anda menulis deskripsi pangsa pasar?Mengetahui dimana produk anda dan jasa ditujukan memfasilitasi pembentukan tema yang satu untuk bisnis.
  3. Apakah anda tahu karakteristik pelanggan?Dimana pelanggan berada?Sebagai tambahan untuk produk yang terlihat, apa yang mereka beli ketika membeli dari anda?
  4. Apakah anda memiliki strategi induk yang didesain untuk menjaga perusahaan tetap terdepan dalam kompetisi?Apakah Apakah anda telah mengidentifikasi kompetensi utama-kualitas yang membedakan dengan kompetitor?Setiap bisnis UKM harus mendefinisikan keuntungan kompetitifnya dan mencari untuk mempertahankannya melalui perencanaan.
  5. Apakah anda menulis tujuan untuk memandu kinerja perusahaan diareal kritis?Apakah mereka spesifik dan terukur?Apakah termasuk bingkai waktu dan indeks mengukur kemajuan?
  6. Sudahkah anda menulis kebijakan tertulis untuk memandu tindakan dan keputusan dalam organisasi dan memastikan konsistensi? Apakah karyawan mengetahui kebijakan ini? Apakah mereka mengikutinya?
  7. Apakah anda telah mengidentifikasi peluang potensial untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan perusahaan? Produk baru, pasar baru, lokasi baru dapat  mengembangkan bisnis untuk perusahaan UKM jika managemen mempunyai kapasitas menjangkaunya.
  8. Apakah anda berusaha melihat kondisi masa depan dan perubahannya yang dapat berpengaruh signifikan terhadap bisnis? Apakah anda meramalkan trend ekonomi masa depan dan dampaknya terhadap bisnis? Meskipun ramalan tidak adanya yang sempurna, manager sebaiknya melakukan sesuatu terhadap masa depan untuk terhindar dari kejutan dari perubahan masa depan yang tak terlihat.
  9. Apakah anda melakukan penilaian terhadap tindakan pesaing sehingga bisa mengatur strategi menghadapi mereka?Bagaimana tanggapan pelanggan perusahaan anda dibandingkan dengan kompetitor?

ORGANIZATIONAL STRUCTURE
  1. Apakah anda membangun bagan struktur organisasi? Apakah bagan struktur mengilustrasikan hubungan yang tepat antara individu dan fungsinya?
  2. Apakah struktur organisasi mengindikasikan secara jelas siapa yang berwenang, bertanggungjawab, dan akuntabel untuk setiap fungsi?
  3. Apakah setiap orang diorganisasi telah memiliki deskripsi kerja tertulis? Apakah deskripsi kerja telah secara akurat mendefinisikan seluruh tanggungjawab kerja termasuk hubungan atasa bawahan?
  4. Ketika pendelegasian terjadi, apakah perjanjian ditulis untuk memastikan  kesepahaman yang sama terhadap tanggungjawab?

HUMAN RESOURCES MANAGEMENT
  1. Apakah anda saat ini mentaati seluruh peraturan dan hukum pemerintah tentang ketenagakerjaan?
·         Karyawan (rekrutmen dan seleksi)?
·         Pelatihan?
·         Keselamatan kerja dan kesehatan?
·         Penilaian Kinerja?
·         Upah, jam, dan kondisi kerja?
  1. Apakah seluruh pencatatan data karyawan sesuai dengan peraturan pelaporan yang ada?
  2. Apakah anda membangun dan menggunakan spesifikasi pekerjaan yang divalidasi dalam menyewa tenaga kerja?
  3. Adakah program pengembangan yang baik untuk orientasi kerja yang disediakan untuk setiap karyawan baru?
  4. Apakah setiap karyawan yang baru ataupun yang dipindahkan pada pekerjaan baru telah menerima pelatihan yang cukup tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan pekerjaannya?
  5. Apakah upah, gaji, dan manfaat lain dapat dibandingkan dengan perusahaan lain dalam industri dan area yang sama?
  6. Apakah anda memiliki system evaluasi kinerja atau penilaian? Ini terkait dengan gaji karyawan?
  7. Adakah program pelatihan ditawarkan sebagai peningkatan kualitas untuk karyawan yang akan naik jabatan di organisasi?
  8. Apakah seluruh karyawan memiliki copy kebijakan dan prosedur perusahaan? Apakah hal ini direviu secara regular?

ACCOUNTING SYSTEM
  1. Apakah anda memiliki system akuntansi yang menyediakan dalam skala penuh data yang cukup untuk melakukan keputusan managemen?
  2. Apakah system akuntansi anda menyediakan pelaporan keuangan bulanan?
  3. Apakah anda memahami setiap elemen pelaporan keuangan yang diterima?
  4. Apakah pembukuan diaudit tahunan oleh akuntan public independent?
  5. Apakah anda secara konsisten mengaplikasikan analisa breakeven dan biaya peluang pada aktivitas bisnis?
  6. Apakah piutang dilihat jatuh temponya secara regular?
  7. Apakah system akuntansi anda menyediakan anggaran dan pernyataan yang diperlukan untuk pajak penghasilan dan deposit,serta pembayaran dari kompensasi pemutusan hubungan kerja dan kompensasi kewajiban karyawan?
  8. Apakah system akuntansi anda telah secara cukup mempresentasikan bisnis dan pertumbuhan dalam waktu dekat?
  9. Apakah anda merekonsiliasi rekening koran bank secara bulanan?
  10. Apakah anda melakukan  revaluasi matauang asing setiap bulan?
  11. Apakah anda melakukan mendepresiasi fixed asset setiah bulan?
  12. Apakah anda menyimpan catatan upah dan gaji untuk karyawan harian?
  13. Apakah anda secara cukup memenej kas melalui anggaran kas?

BUDGETING AND EXPENSE CONTROL
  1. Apakah pembiayaan pada perusahaan anda berdasar pada alokasi sistem anggaran?
  2. Apakah anggaran anda terikat ada periode waktu, standar kinerja dan insentif?
  3. Apakah anda menyiapkan proposal anggaran untuk operasi perusahaan dimasa depan?
  4. Apakah anggaran digunakan untuk mengawasi jumlah dan tingkat pembiayaan?
  5. Apakah anggaran anda menyiapkan catatan untuk peningkatan kinerja?
  6. Ketika menyiapkan anggaran apakah anda berdiskusi dengan karyawan kunci?
  7. Apakah anda telah menganalisa biaya-biaya bisnis yang tetap pada satu periode, seperti sewa dan gaji staff dan supervisor?
  8. Apakah anda berusaha untuk mengkonstruksi model titik impas untuk bisnis anda?
  9. Apakah anda telah membandingkan antara biaya, pendapatan, dan figur keuntungan dengan data-data industri yang sama dari asosiasi perdagangan anda?
  10. Pada akhir periode akuntansi apakah anda mereview  operasi aktual dibanding prediksi bersama-sama?

CASH MANAGEMENT
  1. Apakah semua penerimaan kas disimpan di akun bank perusahaan?
  2. Apakah pencatatan penerimaan kas diproses oleh dua atau lebih orang yang bekerja secara independen?
  3. Apakah penarikan kas dikontrol melalui penomoran cek?
  4. Apakah anda memonitor secara terus menerus  dan menyamakan antara penarikan kas dengan otorisasi aslinya?
  5. Apakah semua cek dan purchase orders dinomori dan dicatat?
  6. Apakah anda menginvestasikan kelebihan kas pada saat tertentu secara produktif?
  7. Dapatkah anda menggunakan kredit line untuk mengurangi kebutuhan akan kas?
  8. Apakah anda menghitung kash flow secara reguler?

TAXES AND LEGAL OBLIGATIONS
  1. Apakah anda mengelola kalender pajak yang menunjukkan berbagai peraturan yang diatur oleh negara?
  2. Apakah seseorang bertanggungjawab untuk semua laporan dan pembayaran pajak?
  3. Apakah anda menyimpan catatan pajak individual karyawan untuk memastikan semuanya tercatat secara rapih dan tidak menyulitkan?
  4. Apakah orang yang menyiapkan pembayaran gaji selalu update pada gaji maksimum untuk tujuan pajak?
  5. Jika penjualan anda termasuk subyek pajak apakah anda mencatat secara cukup perbedaan antara penjualan yang kena pajak dengan yang tidak kena?
  6. Apakah anda melakukan pencatatan yang cukup atas peralatan, tanggal berapa dibeli, dasar perhitungan aset, usia aset, metode depresiasi, akumulasi depresiasi, dan lokasi aset?
  7. Jika anda memiliki rencana pensiun atau perencanaan bagi hasil, apakah anda telah menyampaikan pada pengacara anda , mengenai  pelaporan yang dibutuhkan oleh pemerintah dan pada karyawan?
  8. Apakah seluruh perizinan bisnis up to date?

RISK AND INSURANCE
  1. Apakah anda menganalisa risiko bisnis dan karyawan mengetahuinya dalam operasi normal?
  2. Apakah anda mengasumsikan risiko yang tidak perlu?
  3. Sudahkah broker asuransi professional telah melakukan inspeksi untuk membantu anda mengidentifikasi area dimana risiko dapat di kurangi?
  4. Apakah anda mengsuransikan karyawan kunci dalam bisnis?
  5. Sudahkah anda sudah mengambil keuntungan dari seluruh kemungkinan pemotongan biaya?
  6. Apakah anda mereviu secara periodic program asuransi?

PURCHASING
  1. Apakah anda secara reguler mereviu kualitas dari produk yang dibeli , ketepatan waktu pengiriman, dan kualitas jasa pelayanan lain yang disediakan oleh suplier?
  2. Apakah anda melakukan tawar menawar pada pembelian ketika tidak yakin berapa seharusnya harga?
  3. Apakah anda memiliki lebih dari satu sumber suplai untuk item yang kritis?
  4. Apakah sebagian besar pembelian dibuat pada harga yang tepat?
  5. Apakah anda membeli sejumlah besar berdasar spesifikasi, daripada merek atau sederhananya menerima apa yang suplier tawarkan?
  6. Apakah anda memiliki kebijakan dan prosedur terhadap siapa yang berhak untuk membeli barang dan jasa? Menerima telpon salesman? Menyiapkan pembelian? Proses pencatatan?
  7. Apakah anda mereviu prosedur pembelian yang ada untuk melihat apakah ia telah memenuhi harapan anda?
  8. Apakah volume pembelian untuk semua item tertentu menjamin anda berhubungan langsung  dengan pembuatnya?

MARKETING AND SALES PROMOTION
  1. Apakah anda mengetahui segment spesifik pasar bisnis yang anda layani?
  2. Apakah anda dapat menentukan mengapa produk dan jasa yang anda jual dapat melawan kompetitor?
  3. Apakah pelayanan yang anda berikan untuk produk anda superior dibanding kompetitor?
  4. Apakah perusahaan dan jasa anda memiliki reputasi bagus di benak konsumen?
  5. Apakah anda berhadapan dengan kompetitor secara langsung atau menjual produk yang terdifferensiasi yang membawa harga dan nilai hubungan yang berbeda?
  6. Apakah pemasaran dan upaya promosi jujur dan langsung?
  7. Apakah seluruh aspek pemasaran dan promosi telah dikoordinasikan dengan perencanaan dan penjadwalan?
  8. Apakah pemasaran dan upaya promosi dkontrol oleh anggaran yang bila berubah disertai alasan yang jelas.

LOCATION
  1. Adakah operasi anda telah nyaman dan mudah dicapai oleh target pasar?
  2. Apakah fasilitas transportasi seperti akses, parkir, loading dan unloading, transportasi public, dan pencahayaan terbangun dengan baik dilokasi anda?
 PRICING
a.       Apakah harga anda secara kompetitif berdasar pada kualitas dan jasa yang ada pada produk terjual?
b.      Apakah anda menggunakan analisa breakeven dalam menghitung biaya untuk seting harga?
c.       Apakah skala ekonomi dalam operasi anda yang memungkinkan anda menjual dengan harga yang lebih rendah dibanding kompetitor?
d.      Apakah anda membangun strategi harga yang memungkinkan anda menyesuaikan harga untuk menghadapi situasi persaingan ketika terjadi?

PLANNING FOR GROWTH
  1. Apakah aktivitas harian  yang begitu melibatkan anda sehingga  tidak ada kesempatan untuk perencanaan yang lebih kedepan?
  2. Apakah  anda menemukan krisis yang terjadi memaksa anda untuk melakukan sebagian besar perubahan sebelum anda mampu menganalisa mereka?
  3. Apakah anda menyiapkan seseorang untuk menggantikan anda?















Demikianlah Artikel Management Audit Untuk Bisnis UKM

Sekianlah artikel Management Audit Untuk Bisnis UKM kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Management Audit Untuk Bisnis UKM dengan alamat link https://magisterakutansi.blogspot.com/2013/05/management-audit-untuk-bisnis-ukm.html

0 Response to " Management Audit Untuk Bisnis UKM "