Welcome to MAGISTER AKUNTANSI - The Perfect Partner For Your Business
Contact : Phone 0821-2566-2195 Wa 0821-2566-2195 NFC : Near Field Communication Review | Magister Akuntansi

Labels

NFC : Near Field Communication Review

NFC : Near Field Communication Review - Hallo sahabat Magister Akuntansi , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul NFC : Near Field Communication Review , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel android , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : NFC : Near Field Communication Review
link : NFC : Near Field Communication Review

Baca juga


NFC : Near Field Communication Review

Introduction

Logo NFC - Near Field Communication
NFC merupakan salah satu dari beberapa teknologi nirkabel terkini, sebagai teknologi komunikasi nirkabel jarak dekat NFC mengedepankan keamanan, kesederhanaan dan intuisif dalam menjalin komunikasi antara perangkat elektronik. teknologi ini adalah sebuah standar yang menggunakan induksi dari medan magnet untuk perangkat smartphone dan gadget lainnya dalam menjalin komunikasi radio dengan perangkat lain melalui sentuhan bersama atau  mendekatkan perangkat-perangkat tersebut dengan jarak yang tidak lebih dari beberapa inchi/inci. 

Teknologi ini menyediakan beberapa fitur utama yaitu transaksi tanpa kontak langsung, pertukaran data dan setup yang disederhanakan dari komunikasi yang lebih komplek seperti wifi.

Beberapa fungsi yang dapat dijalankan melalui fitur NFC antaralain:
  1. Pembayaran kartu kredit yang terintegrasi ke perangkat mobile
  2. Pembayaran tiket elektronik untuk penggunaan transportasi
  3. Dokumen elektronik pribadi
  4. Download data seperti jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta api
  5. Pembayaran tiket penerbangan dan pemesanan hotel
  6. Musik dan download foto dari kamera, ponsel dan pembaca multimedia
  7. Koneksi P2P (peer to peer) untuk transmisi informasi yang mudah anara perangkat nirkabel

Standar

Standar dari NFC menggunakan protokol dan format pertukaran data berdasarkan pada standar Radio Frequency Identification atau disingkat RFID. standar ini terdiri dari ISO/IEC 14443 dan Felica termasuk didalamnya ISO/IEC 18092 dan standar yang telah ditentukan oleh Forum NFC yang didirikan pada tahun 2004 dengan beranggotakan Nokia, Philips Semiconductors dan Sony dan sekarang mereka telah beranggotakan lebih dari 160 member.

NFC ini dibangun dengan standar RFID melalui komunikasi dua arah, antara titik-titik komunikasi tersebut, dimana dahulu satu-satunya cara yang digunakan adalah dengan menggunakan sistem Smart Card Contactless. contohnya adalah pada Android Beam yang menggunakan NFC untuk mengaktifkan Bluetooth pada kedua perangkat. dan pada tingkat yang lebih lanjut terdapat pada samsung Galaxy,  dengan fitur bernama S-Beam fitur ini menggunakan kekuatan NFC untuk berbagi alamat MAC dan IP kemudian menggunakan WiFi Direct untuk berbagi file dan dokumen.

Perangkat NFC dapat digunakan dalam sistem pembayaran tanpa kontak langsung, mirip yang saat ini digunakan pada kartu kredit dan kartu pintar elektronik sebagai contoh Google Wallet Memungkinkan konsumen untuk menyimpan kartu kredit dan informasi loyalitas toko mereka pada dompet virtual dan kemudian menggunakan perangkat NFC di terminal.





Spesifikasi Utama Dari NFC


Seperti standar ISO 14443, NFC berkomunikasi melalui induksi dari medan magnet, dimana dua buah antena yang berdekatan secara efektif membentuk sebuah transformator inti udara. Ini beroperasi dalam tersedia dan global tanpa izin frekuensi radio ISM band dari 13,56 MHz, dengan bandwidth hampir 2 MHz.

  • Supported data rates: 106, 212, or 424 kbit/s .
  • Bekerja jarak dengan standar kompak antena: hingga 20 cm.

Memiliki dua mode :

Komunikasi secara aktif : perangkat inisiator menyediakan ruang, kemudian perangkat target menjawab dengan memodulasi ruang yang ada. pada mode ini perangkat target perangkat target dapat menarik daya operasi dari medan elektromagnetik-Inisiator disediakan, sehingga membuat perangkat Sasaran transponder.

Komunikasi secara aktif : kedua perangkat saling berkomunikasi dengan cara menyediakan ruang. Sebuah perangkat menonaktifkan kolom RF-nya ketika sedang menunggu data. Dalam mode ini, kedua perangkat biasanya harus memiliki power supply. Perangkat NFC dapat menerima dan mengirimkan data pada saat yang sama. Dengan demikian, mereka dapat memeriksa bidang frekuensi radio dan mendeteksi tabrakan jika sinyal yang diterima tidak sesuai dengan sinyal yang ditransmisikan.

Perangkat Inisiator dan Target

Selain itu, penting untuk mengamati alokasi peran inisiator dan target. Inisiator adalah orang yang ingin berkomunikasi dan mulai komunikasi. Target menerima permintaan komunikasi inisiator dan mengirimkan kembali jawaban. Konsep ini mencegah target mengirim data apapun tanpa terlebih dahulu menerima pesan. Mengenai modus komunikasi pasif, perangkat pasif bertindak selalu sebagai target NFC. Berikut perangkat aktif adalah inisiator, bertanggung jawab untuk menghasilkan bidang radio. Dalam kasus konfigurasi aktif di mana bidang RF bergantian dihasilkan, peran inisiator dan sasaran secara ketat ditugaskan oleh orang yang memulai komunikasi. Secara default semua perangkat adalah target NFC, dan hanya bertindak sebagai NFC perangkat inisiator jika diperlukan oleh application.

Modus Operasi Pada NFC

Sebagaimana standar yang telah ditentukan dalam standar ISO 14443 perangkat NFC memiliki tiga mode operasi :
  1. PEER-TO-PEER MODE (NFC):   Mode ini adalah mode klasik NFC, yang memungkinkan koneksi data hingga 424 kbit / sec. Sifat elektromagnetik dan protokol (NFCIP-1) adalah standar ISO 18092 dan di ECMA 320/340.
  2. READER/WRITER MODE (PCD): Perangkat NFC dapat digunakan sebagai pembaca / penulis untuk tag dan smart card. Dalam hal ini perangkat NFC bertindak sebagai inisiator dan tag pasif adalah target. Dalam reader / writer kecepatan data modus 106 kbit / sec yang mungkin.
  3. READER/WRITER MODE (PCD): Dalam modus ini perangkat NFC mengemulasi ISO 14443 smart card atau chip kartu pintar terintegrasi dalam perangkat mobile terhubung ke antena dari modul NFC. Seorang pembaca peninggalan tidak dapat membedakan ponsel yang beroperasi dalam modus emulasi tag dari smart card biasa.Ini adalah keuntungan dari teknologi NFC sebagai infrastruktur reader yang sudah ada tidak perlu diganti. Chip kartu pintar yang digunakan untuk emulasi tag juga disebut sebagai elemen aman.

Perbandingan Dengan Teknologi Lain 

 

NFC dan RFID

Warisan standar sebelumnya memberikan manfaat kompatibilitas NFC dengan aplikasi RFID yang ada , seperti kontrol akses atau angkutan umum ticketing - sering mungkin untuk beroperasi dengan infrastruktur lama , bahkan jika kartu RFID diganti dengan ponsel NFC -enabled , misalnya . Hal ini dimungkinkan karena kemampuan NFC untuk meniru tag RFID ( "mode antarmuka kartu " ) . Hardware NFC dapat mencakup elemen yang aman untuk meningkatkan keamanan dalam aplikasi kritis seperti pembayaran . Misalnya, kartu kredit dapat diintegrasikan ke dalam ponsel dan digunakan lebih dari NFC .

Pada dasarnya, teknologi Radio Frequency Identification dan Near Field Communication menggunakan standar kerja yang sama . Namun, yang lebih penting dari RFID adalah modus komunikasi antara dua perangkat aktif . Selain contactless smart card ( ISO 14443 ) , yang hanya mendukung komunikasi antara perangkat bertenaga dan tag pasif , NFC juga menyediakan komunikasi peer-to -peer . Dengan demikian , NFC menggabungkan fitur untuk membaca dan meniru tag RFID , dan lebih jauh lagi , untuk berbagi data antara perangkat elektronik yang keduanya memiliki daya aktif .

Kombinasi koneksi NFC, Bluetooth dan Wifi 

NFC menyediakan koneksi yang cukup lamban namun dengan setup yang sangat simple sebagai contoh Fitur Android Beam menggunakan NFC untuk menyelesaikan langkah demi langkah seperti membangun dan menyatukan koneksi Bluetooth ketika transfer file terjadi. Nokia, Samsung, Blackberry dan Sony menggunakan Teknologi NFC untuk menyatukan headset Bluetooth, Pemutar music dan speaker dengan hanya sekali sentuh. 

Perbandingan dengan Bluetooth dan Inframerah

Dibandingkan dengan teknologi komunikasi jarak pendek yang telah terintegrasi dengan gadget lainnya seperti Bluetooth dan Inframerah, NFC lebih simple dan juga lebih cepat, seperti Inframerah yang merupakan teknologi nirkabel tertua di dunia yang diperkenalkan pada tahun 1993 teknologi ini memerlukan perangkat saliong berhadapan dan juga sangat sensitif terhadap pengaruh eksternal seperti cahaya dan pantulan objek dan keuntungan NFC dibanding Bluetooth adalah lebih pendeknya setup time. namun dari segi jangkauan NFC memiliki jangkauan yang terpendek ini dapat memberikan tingkat keamanan dan membuat NFC cocok untuk daerah ramai. kecepatan transfer data NFC (424 kbps) lebih lambat dari Bluetooth (721 kbps) namun lebih cepat dari Inframerah (115 kbps). dan kelebihan lainnya NFC sangat kompatibel dengan RFID.

Near Field Communication (NFC) adalah sebuah teknologi nirkabel baru yang dirancang untuk memfasilitasi aman, komunikasi jarak pendek antara perangkat elektronik seperti ponsel, asisten data pribadi (PDA), komputer dan terminal pembayaran. Konsep ini sederhana: untuk membuat dua perangkat berkomunikasi, membawa mereka bersama-sama atau membuat mereka menyentuh. Ini akan melibatkan antarmuka nirkabel dari dua perangkat dan mengkonfigurasi mereka untuk menghubungkan dalam jaringan peer-to-peer. Setelah perangkat terhubung dengan menggunakan NFC, mereka dapat terus menggunakan komunikasi jarak jauh dan protokol yang lebih cepat seperti Bluetooth atau internet nirkabel (WiFi).

NFC-BLUETOOTH BRIDGE SYSTEM

Sistem arsitektur yang menjembatani NFC-Bluetooth dapat terlihat pada gambar dibawah iini, yang terdiri dari perangkat berkemmpuan bluetooth, diusulkan Bridge NFC-Bluetooth dan kartu NFC yang tertanam di poster pintar

NFC - Bluetooth Bridge adalah perangkat elektronik yang terpisah dengan dua antarmuka udara yang berbeda : Bluetooth ( BT ) dan NFC . Dalam pengembangan prototipe yang ada , serial NFC PN531 modul dari Philips Electronics digunakan untuk menyediakan antarmuka udara NFC , dan serial Initium Promi SD102 Bluetooth adapter digunakan untuk menyediakan antarmuka udara Bluetooth . Kedua modul NFC dan Bluetooth adapter yang terhubung dengan kabel RS232 dan dikomunikasikan menggunakan protokol RS232 berikut : 9600 baud , 8 data bit , 1 stop bit dan tidak ada bit paritas . Bluetooth adaptor dikonfigurasi ke mode dapat terdeteksi dan sambungkan . Mode ini emungkinkan adaptor yang akan ditemukan ketika perangkat mobile mencari dengan nama perangkat . Sandi otentikasi diaktifkan untuk memasangkan kedua perangkat Bluetooth .

Bluetooth dan NFC modul memerlukan 5 VDC power supply masing-masing . Sebuah PCB. Digunakan untuk berbagi power diambil dari catu daya eksternal untuk dua modul komponen .Driver perangkat lunak yang diperlukan pada perangkat mobile untuk mendorong NFC PN531 di Jembatan NFC - Bluetooth untuk bereaksi terhadap NFC target yang disadap antara satu sama lain , dan untuk mengirim dan menerima informasi dari itu.

Penggunaan dan Pengaplikasian

Teknologi NFC saat ini terutama ditujukan untuk digunakan dengan ponsel. Ada tiga kasus penggunaan utama untuk NFC:
  1. Card Emulation : perangkat NFC berperilaku seperti kartu contactless yang ada 
  2. Modus Pembaca : perangkat NFC aktif dan membaca tag RFID pasif, misalnya untuk iklan interaktif 
  3. Modus P2P: dua perangkat NFC berkomunikasi bersama-sama dan bertukar informasi.
Aplikasi yang memungkinkan penggunaan NFC :
  1. Mobile ticketing in public transport 
  2. Mobile payment — Gadget yang ada berfungsi sebagai kartu debit/kredit.  
  3. Smart poster — Gadget berfungsi sebagai pembaca tag RFID guna mendapatkan informasi lebih lanjut dari poster 
  4. Bluetooth pairing — Mengkoneksikan dan memadukan perangkat Bluetooth 

 Tentang Android Beam (NFC) dan Penggunaannya

Bagaimana menggunakan Android Beam (NFC) - Android Beam merupakan sebuah fitur canggih yang terdapat pada Android versi 4, Ice Cream Sandwich. Fitur ini hanya dapat berjalan pada smartphone yang sudah support NFC atau Near Field Communication. Fungsi utama dari fitur ini adalah untuk berbagai file, dapat berupa contact, web pages, video Youtube, maps, hingga aplikasi, dari perangkat ICS satu ke ICS lainnya dalam waktu yang singkat atau bahkan sekejap. Cara kerjanya cukup sederhana. Kita tinggal menyentuhkan dua device ICS secara back-to-back (saling membelakangi) dan kemudian kita tinggal men-tap pada layar device yang digunakan sebagai pengirim. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video berikut ini:




Android Beam

Bagaimana menggunakanAndroid Beam (NFC) - Android Beam merupakan sebuah fitur canggih yang terdapat pada Android versi 4, Ice Cream Sandwich. Fitur ini hanya dapat berjalan pada smartphone yang sudah support NFC atau Near Field Communication. Fungsi utama dari fitur ini adalah untuk berbagai file, dapat berupa contact, web pages, video Youtube, maps, hingga aplikasi, dari perangkat ICS satu ke ICS lainnya dalam waktu yang singkat atau bahkan sekejap. Cara kerjanya cukup sederhana. Kita tinggal menyentuhkan dua device ICS secara back-to-back (saling membelakangi) dan kemudian kita tinggal men-tap pada layar device yang digunakan sebagai pengirim. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video berikut ini:


Bagaimana keren, kan?
Sayangnya fitur seperti ini hanya terdapat pada Android Ice Cream Sandwich dan juga harus pada smartphone yang memiliki chip NFC. Bagi pengguna iPhone atau Blackberry fitur NFC ini sudah hal biasa. Tapi untuk Android, tidak semua ponsel memilikinya. Beberapa smartphone Android yang sudah mendukung NFC antara lain Samsung Galaxy Nexus, Samsung Galaxy S III, dan HTC One.

NFC bekerja menggunakang gelombang radio frequency menggunakan induksi medan magnetik. NFC lebih populer digunakan sebagai alat transaksi pembayaran. Kecepatan transfer data NFC bervariasi mulai 106kbit/s, 212kbit/s, hingga 424kbit/s. NFC ini biasanya berupa chip yang ditanamkan pada kartu atau perangkat smartphone. Bekerja dengan cara didekatkan paling tidak harus dibawah 20 cm. Jika Sobat pernah menonton film Korea, di sana sistem transportasi bus umu juga menggunakan teknologi NFC ini. Penumpang cukup mendekatkan perangkat NFC (biasanya pada smartphone) ke alat khusus dan kemudian data secara otomatis akan tersimpan dalam suatu jaringan khusus disana. Dan ongkos bus akan dipotongkan pada rekening si penumpang. Wiii canggih bukan?

Oke, kembali ke Android Beam. Lalu bagaimana menggunakan Android Beam ini?

Penggunaan Android Beam (NFC)

1. Pertama tentu Sobat harus yakin terlebih dahulu bahwa smartphone sobat sudah Ice Cream Sandwich dan memiliki fitur NFC. Cara mengeceknya cukup masuk ke menu "Setting" dan cari menu "NFC" kalau tidak ada berarti smartphone sobat tidak dapat digunakan untuk menjalankan Android Beam.

2. Aktifkan fitur NFC dan Android Beam pada smartphone sobat melalui menu "Setting" > "More" > "NFC" di situ terdapat juga setting untuk "Android Beam"

3. Setelah kedua fitur tersebut "on" maka transfer file siap dilakukan. Buka atau pilih apa yang ingin ditransfer (dapat berupa contact, web pages, video Youtube, maps, atau aplikasi).

4. Tempelkan kedua smartphone secara saling membelakangi (tidak harus bersentuhan). Kemudian akan muncul suara atau getaran.

5. Setelah terasa getaran atau terdengar suara maka content dari device pengirim akan mengecil (zoom out).

6. Tap pada layar tersebut. Tunggu beberapa detik dan content sudah berhasil ditransfer ke device penerima.

Untuk aplikasi, Android Beam tidak dapat mentransfer secara langsung. Ketika content yang dikirim adalah berupa aplikasi maka pada device penerima hanya akan diarahkan secara langsung menuju Android Market yang kemudian harus didownload sendiri. But overall fitur Android Beam/ NFC ini sungguh sangat inovatif. Bagi sobat yang sudah memiliki smartphone dengan ICS dan NFC, maksimalkan fitur ini. Transfer file menjadi sangat mudah dan cepat.


Demikianlah Artikel NFC : Near Field Communication Review

Sekianlah artikel NFC : Near Field Communication Review kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel NFC : Near Field Communication Review dengan alamat link https://magisterakutansi.blogspot.com/2014/04/nfc-near-field-communication-review.html

0 Response to " NFC : Near Field Communication Review "