Welcome to MAGISTER AKUNTANSI - The Perfect Partner For Your Business
Contact : Phone 0821-2566-2195 Wa 0821-2566-2195 Sistem Persediaan Just In Time | Magister Akuntansi

Labels

Sistem Persediaan Just In Time

Sistem Persediaan Just In Time - Hallo sahabat Magister Akuntansi , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Sistem Persediaan Just In Time , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Akuntansi Biaya , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Sistem Persediaan Just In Time
link : Sistem Persediaan Just In Time

Baca juga


Sistem Persediaan Just In Time

Arti dan definisi dari Just-in -Time 
Strategi persediaan just- in-time dapat disebut sebagai strategi produksi yang digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi limbah dengan hanya menerima bahan baku tepat pada saat dibutuhkan dalam proses produksi, sehingga mengurangi biaya persediaan. Metode ini menuntut para produsen untuk mampu meramalkan permintaan secara akurat .


Seperti yang dijelaskan oleh Investopedia, sistem persediaan JIT menunjukkan pergeseran dari  strategi sistem berjaga-jaga " konvensional " yang mengumpulkan persediaan besar untuk berjaga jaga bila ada permintaan besar.

Investopedia menggambarkan strategi persediaan just-in - time melalui contoh berikut. Jika produsen mobil beroperasi dengan tingkat persediaan yang sangat rendah, tergantung pada rantai pasokan menyediakan sparepart yang diperlukan untuk manufaktur mobil . Spare part yang diperlukan untuk pembuatan mobil tidak tiba sebelum atau setelah mereka dibutuhkan, tapi hanya pada saat mereka diperlukan .

Manfaat dari sistem persediaan Just- in-time
Manfaat utama yang terkait dengan tepat pada strategi inventory waktu meliputi:
  • Mengurangi waktu set up

Mengurangi waktu setup memungkinkan perusahaan untuk mengurangi atau menghilangkan persediaan untuk waktu" changeover " . Alat yang terlibat di sini adalah SMED (single-minute exchange of dies) .
  • Peningkatan arus barang dari gudang ke rak

Ukuran produk individu atau kecil mengurangi banyak delay persediaan, sehingga mempermudah aliran persediaan dan manajemen .
  • Efisien penggunaan karyawan dengan beberapa keterampilan

Memperkerjakan karyawan terampil untuk bekerja pada bagian yang proses berbeda beda memungkinkan perusahaan untuk memindahkan pekerja ditempat mereka diperlukan.
  • Sinkronisasi permintaan dengan penjadwalan produksi dan konsistensi jam kerja 

Jika tidak ada permintaan untuk produk atau jasa pada suatu waktu, maka  tidak ada produksi. Ini menghemat uang perusahaan, baik dengan tidak harus membayar lembur untuk pekerja atau dengan meminta mereka berkonsentrasi pada pekerjaan mereka atau berpartisipasi dalam pelatihan .
  • Penekanan pada hubungan dengan pemasok

Sebuah perusahaan tanpa persediaan tidak ingin memiliki masalah sistem pasokan yang menciptakan kekurangan persediaan. Hal ini membuat hubungan dengan pemasok menjadi sangat penting .
  • Datang dari pemasok secara berkala sepanjang hari produksi

Pasokan dikoordinasikan dengan permintaan dan jumlah optimal dari persediaan yang ada setiap saat. Ketika sparepart bergerak langsung dari truk ke titik perakitan, kebutuhan untuk fasilitas penyimpanan berkurang


Demikianlah Artikel Sistem Persediaan Just In Time

Sekianlah artikel Sistem Persediaan Just In Time kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Sistem Persediaan Just In Time dengan alamat link https://magisterakutansi.blogspot.com/2014/05/sistem-persediaan-just-in-time.html

0 Response to " Sistem Persediaan Just In Time "