Welcome to MAGISTER AKUNTANSI - The Perfect Partner For Your Business
Contact : Phone 0821-2566-2195 Wa 0821-2566-2195 Belajar Dynamics AX | Magister Akuntansi

Labels

Belajar Dynamics AX

Belajar Dynamics AX - Hallo sahabat Magister Akuntansi , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Belajar Dynamics AX , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel erp , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Belajar Dynamics AX
link : Belajar Dynamics AX

Baca juga


Belajar Dynamics AX


Microsoft Dynamics AX 2102, Solusi ERP?

Banyak resiko yang dihadapi saat aplikasi ERP (enterprise resource planning) diterapkan di sebuah perusahaan. “Implementasinya sudah susah, eh ternyata user-nya tidak fleksibel untuk mengikuti perkembangan bisnis. Justru jadi bottle neck. Padahal budget TI menurun setiap tahun. Kebutuhannya untuk hari ini, tapi solusinya milik kemarin,” cerita Eddy Soloan (Business Lead, Microsoft Dynamics, PT Microsoft Indonesia) mengawali acara peluncuran Microsoft Dynamics AX 2012 di Jakarta (8/12/2011).

Menyadari tantangan-tantangan di atas itulah, Microsoft memperkenalkan Microsoft Dynamics AX 2012. Solusi ERP ini disebutkan skalabel tetapi terjangkau, dan bisa memaksimalkan investasi ERP yang ada di sistem administrasi tingkat korporat, maupun menjadi solusi bagi perusahaan menengah.
“Generasi terbaru ERP Microsoft ini punya empat karakteristik, yakni tidak sulit dipakai sehingga merupakan aset, sederhana dan fleksibel, lengkap dari ujung-ke-ujung untuk industri tertentu, dan informasinya harus mengalir ke para pengambil keputusan,” terang Eddy.

Mengapa Eddy menyebutkan Microsoft Dynamics AX 2012-nya mudah dipakai? Ini antara lain karena tampilannya sama dengan produk-produk Microsoft, yakni Outlook, Word dan Excel sehingga pengguna yang sudah terbiasa dengan produk Microsoft tidak perlu susah-payah belajar lagi.
“Kelolanya juga harus simpel karena single standard Microsoft platform,” ungkap Eddy. Ia menambahkan, AX 21012 semakin terintegrasi dengan produk Microsoft lainnya, yakni Office, SharePoint dan ERP client. “Sehingga resiko ERP bisa ditekan dan cost effective,” kata Eddy.

Solusi ERP, tutur Eddy, saat ini banyak dipakai oleh industri makanan dan minuman. JJ Food Service di Inggris adalah salah satu contohnya. Ini karena paketnya lengkap dari ujung-ujung. “Ada untuk riteler sendiri, untuk manufakturing, untuk distributor. Setiap user punya profile sendiri dan sudah termasuk workflow grafis yang bisa dikonfigurasi sendiri,” jelas Galib Machri (Solution Specialist, Business Solution Microsoft Dynamics, PT Microsoft Indonesia).

ERP, kata Eddy, sebenarnya sangat mendukung transparansi, khususnya jika digunakan di sektor publik. Sayangnya, di tanah air penerapan ERP di sektor publik justru belum banyak. “Padahal di Singapura sangat tinggi, misalnya di departemen-departemen,” kata Eddy yang mengaku baru saja mendapatkan tiga kustomer baru di Indonesia, masing-masing dari sektor makanan dan minuman, otomotif dan transportasi.
Di Indonesia, Microsoft berfokus pada sektor manufakturing, ritel, distribusi dan sektor publik sebagai target pasar.

 http://www.dynamicsindonesia.com

http://berkaskosong.blogspot.com/2012/12/microsoft-dynamics-ax-community.html

*****************************************

Download APLIKASI:

https://mbs.microsoft.com/customersource/northamerica/AX/downloads

Cara Install:
http://www.kaskus.co.id/post/512201f81dd7190314000000

http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000008029580/ltlt-microsoft-dynamics-ax-community-gtgt/39

http://www.kaskus.co.id/show_post/000000000000000459509457/175

http://berkaskosong.blogspot.com/2012/12/microsoft-dynamics-ax-community.html
================

COMPARE 3 ERP BIGEST

ERP adalah system terpadu berbasis computer yang digunakan untuk mengelola sumber daya internal dan eksternal perusahaan. ERP merupakan arsitektur perangkat lunak yang bertujuan untuk memfasilitasi aliran informasi antara semua fungsi bisnis di dalam batas-batas organisasi dan mengelola koneksi ke stakeholder di luar.
Berikut ini akan dibahas 3 software ERP yang ada pada saat ini.

1. SAP

SAP adalah perusahaan software terbesar keempat di dunia yang berpusat di Jerman dan berdiri sejak tahun 1972. SAP menawarkan solusi ERP lengkap dengan modul yang terintegrasi untuk CRM dan SCM. Mereka memiliki solusi yang komprehensif untuk mengatasi kebutuhan industry terutama manufaktur. SAP dapat membantu pengguna dalam mengangani Customer Relationship Management, ERP , Product Lifecycle, Supply Chain Management, dan Supplier Relationship Management. SAP mengutamakan produknya bagi perusahaan kelas menengah ke atas.


Keunggulan SAP adalah :
a. Sebagai sebuah aplikasi ERP, SAP tergolong sangat lengkap karena terdiri dari berbagai macam modul yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna yang bergerak pada berbagai macam bidang usaha. Modul-modut tersebut antara lain dapat membantu pengguna dalam hal Financial and controlling, Project System, Sales and Distribution, Production Planning, dan Material Management.
b. Implementasi SAP terbukti secara signifikan dapat mengurangi proses administrative, mendukung cost reduction, dan meningkatkan produktifitas.
c. Hambatan memperoleh informasi dapat dihilangkan karena informasi yang ada bukan lagi milik unit kerja melainkan milik perusahaan.


Kelemahan SAP adalah :
a. Untuk mendapatkan keuntungan penuh dari penggunaan SAP harus terjadi penggantian 90% hingga 100 % teknologi yang ada sebelumnya. Hal ini menyebabkan berubahnya budaya kerja yang telah ada sebelumnya.
b. Penggantian system memerlukan biaya yang tinggi dan waktu implementasi bisa berkepanjangan.


2. AXAPTA

Micfosoft Axapta yang saat ini dikenal dengan nama Micfosoft Dynamics Ax adalah sebuah aplikasi bisnis yang dilengkapi banyak fungsi terpadu. Mulai dari modul manufacturing, supply chain management, financial management, sampai dengan business analysis. Sebagaimana software ERP yang lain, Axapta dapat megintegrasikan berbagai bagian dalam perusahaan dan mempercepat penerimaan informasi dari masing-masing bagian sehingga dapat membantu manager dalam pengambilan keputusan. Microsoft Dynamics Ax ini sangat cocok bila digunakan pada perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi dan akan sangat membantu bagi perusahaan yang memiliki multi lokasi.
Microsoft Dynamics AX terbagi kedalam berbagai kategori, yaitu : Modul Financial ( buku besar, piutang, dan kewajiban ), Modul Distributon ( pesanan pembeli , persediaan, dan kebutuhan barang baku ), Modul Project ( manajemen proyek )

Keunggulan yang dimiliki oleh Microsoft Dynamics AX ini antara lain :
a. Microsoft Dynamics AX ini menggunakan platform microsft sehingga sangat mudah untuk diintegrasikan dengan produk Microsoft lainnya. Tampilan dari software inipun mirip dengan aplikasi Microsoft pada umumnya sehingga lebih familiar dang lebih mudah mengoperasikannya.
b. Jika dibandingkan dengan yang lain, Microsoft Dynamics AX sangat fleksibel dan mudah dimodifikasi. Jika dalam perusahaan sudah terbuasa menggunakan satu cara input data, maka cara itu tidak perlu mengalami perubahan yang berarti karena sifat fleksibel yang ia miliki.
c. Bagi sebuah perusahaan dengan skala yang besar, Microsoft Dynamics AX adalah pilihan yang tepat karena dapat membantu perusahaan dalam menerima informasi terbaru dari berbagai bagian dalam perusahaan dan bahkan dapat meng-update data dari kantor cabang perusahaan yang berbeda lokasi. Sebagai contoh, manager bagian persedian dari sebuah perusahaantidak perlu bertanya-tanya kepada manager bagian produksi mengenai berapa banyak bahan baku yang perlu dibeli karena informasi mengenai pesanan dan skala produksi akan ter-update setiap saat dan dapat membeikan informasi yang tepat bagi manager bagian persediaan.
d. Microsoft Dynamics AX mampu memperluas areal bisnis di internet. Solusi yang ditawarkan dapat membantu perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya dari yang paling dasar hingga akses langsung ke klien, mitra, pegawai, dan juga komunitas dagang. Solusi ini juga sangat membantu bagi perusahaan yang bergerak dalam areal yang sangat luas yang bahkan mencapai skala internasional kareana dapat disesuaikan dengan semua mata uang dan bahasa.
e. Microsoft Dynamics Ax terjangkau bagi perusahaan kelas menengah kebawah.


Kelemahan yang ada pada Microsoft Dynamics AX adalah :
a. Dalam Microsoft Dynamics Ax hanya tersedia beberapa modul yang dinilai kurang lengkap dan tidak menunjang bagi beberapa bagian dalam perusahaan.
b. Microsoft Dynamics Ax hanya cocok digunakan pada platform Windows


3. ORACLE ERP
Basis data Oracle adalah basis data relasional yang terdiri dari kumpulan data dalam suatu system manajemen basis data RDBMS. Perusahaan perangkat lunak Oracle pertama kali dikembangkan pada tahun 1977 dan hingga saat ini Oracle memasarkan jenis basis data yang dapat digunakan pada berbagai jenis dan merk platform seperri Mac, LINUX dan Windows, namun yang lebih ditekankan adalah platform menengah seperti UNIX dan LINUX. Hingga saat ini Oracle telah mengeluarkan versi terbarunya yaitu Oracle 11g.
Modul yang terdapat dalam Oracle adalah : Inventary, pembelian, pengelolaan pesanan, BOM, WIP, penetapan biaya, ASCP, MRP, ODP, WMS, AP, AR, GL, FA, CM.


Kelebihan Dari Oracle ERP adalah :
a. Oracle bekerja di jaringan computer. Oracle memisahkan proses antara database server dan aplikasi client. Server yang terinstal Oracle bertangungjawab menangani proses database, sementara client/workstation yang menjalankan aplikasi hanya berkonsentrasi menampilkan data. Struktur ini akan mengurangai kemacetan jaringan.
b. Oracle mendukung ukuran database yang sangat besar hingga jumlahnya terabyte. Oracle juga mendukung pengaturan penggunaan space pada harddisk sehingga ruangan harddisk termanfaatkan secara efisien.
c. Oracle mendukung pelayanan multiuser yang terkoneksi pada waktu yang sama dan mengakses data yang sama serta mengatur system agar pemrosesan data dapat berjalan dengan cepat walaupun jumlah transaksi sangat banyak pada waktu yang hampir bersamaan karena Oracle dapat menggunakan berbagai system operasi dalam suatu jaringan untuk mengakses data. Dengan fasilitas ini, Oracle mampu menghindari konflik data dengan baik. Selain itu Oracle dapat menjalankan database selama 24jam dalam sehari sehingga pemisahan system computer dan proses backup dapat dilakukan secara online tana harus mematikan database.
d. Oracle memiliki fitur yang baik untuk membatasi dan dan memonitor akses data sehingga dapat menghindari akses database dari pihak-pihak yang tidak berkepentingan. Control untuk mengendalikan data tersebut ddapat mengendalikan data dari manapun sehingga tidak perlu membuat kode di banyak aplikasi, cukup di satu database Oracle saja.
e. Oracle dapat berjalan di berbagai system operasi dan aplikasai yang emnggunakan data Oracle dapat dengan mudah megakses data Oracle yang berjalan di system apapun.
f. Oracle dapat memishkan datebasenya dalam computer-komputer yang secara fisik erpisah namun secara logis terlihat seperti satu database.
g. Oracle mampu menduplikasi database object dalam lokasi server yang berbeda-beda. Hal ini sangat membantu jika salah satu sdeervver rusak maka server lain dapat langsung menggantikan fungsinya.


Kelemahan dari Oracle ERP adalah :
a. Ukuran yang dibutuhkan menjadi lebih besar. Dengn penyimpanan di dalam database, setidaknya dibutuhkan ukuran tambahan untuk indexing dan ukuran redo log yang besar pula.
b. Akses menjadi lebih lambat.
c. Lisensi Oracle sangat mahal, lebih mahal dari Microsoft Dynamics Ax dan SAP dehingga Oracle lebih banayk digunakan pada perusahaan pada kelas atas karena tidak terjangkau bagi kelas bawah dan menengah.


Sumber :
http://www.metrodata.co.id
http://id.earticlesonline.com
http://www.find-pdf.com/cari-kegunaan+oracle.html
http://computingchannel.co.id/software/database/oracle-software-basis-data-yang-handal
http://www.chip.co.id/direct/?p=3376
http://id.wikipedia.org/wiki/Basis_data_Oracle
http://id.wikipedia.org/wiki/SAP_AG
http://en.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Dynamics_AX




Demikianlah Artikel Belajar Dynamics AX

Sekianlah artikel Belajar Dynamics AX kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Belajar Dynamics AX dengan alamat link https://magisterakutansi.blogspot.com/2014/09/belajar-dynamics-ax.html

0 Response to " Belajar Dynamics AX "