Welcome to MAGISTER AKUNTANSI - The Perfect Partner For Your Business
Contact : Phone 0821-2566-2195 Wa 0821-2566-2195 Pengguna Laporan Keuangan? | Magister Akuntansi

Labels

Pengguna Laporan Keuangan?

Pengguna Laporan Keuangan? - Hallo sahabat Magister Akuntansi , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengguna Laporan Keuangan? , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Akuntansi Keuangan , Artikel Laporan Keuangan , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengguna Laporan Keuangan?
link : Pengguna Laporan Keuangan?

Baca juga


Pengguna Laporan Keuangan?

Laporan Keuangan bisa dibilang wajib hukumnya untuk perusahaan perusahaan skala besar menengah bahkan skala kecil. begitu banyak pihak yang membutuhkannya, Siapa pengguna laporan keuangan?

Umumnya, pihak yang membutuhkan laporan keuangan akuntansi terdiri dari 2 pihak, pertama dari internal perusahaan itu sendiri dan yang kedua pihak yang berada diluar perusahaan atau pihak eksternal.

Pengguna Laporan Keuangan
Pengguna Laporan Keuangan

A. Pihak Internal Perusahaan


Pihak internal perusahaan merupakan pihak yang secara langsung berkaitan dengan aktivitas operasional perusahaan. Terutama oleh manajer, manajer dalam divisi apapun itu. laporan keuangan akuntansi sangat penting bagi manajer. laporan keuangan bisa digunakan untuk mengambil keputusan kebijakan dalam operasi perusahaan bagi seorang manajer. baik itu keputusan keputusan strategis perusahaan dan rencana rencana yang akan dijalankan untuk memaksimalkan keuntungan. semuanya berasal dari laporan keuangan sebagaai bahan dasarnya.

B. Pihak Eksternal Perusahaan


nah, pengguna laporan keuangan pihak eksternal perusahaan ini banyak sekali pihak pihak yang disebut "pihak eksternal", menurut Standar Akuntansi Keuangan yang dirilis oleh IAI tahun 2002:2-3, pengguna laporan keuangan dari luar perusahaan berikut diantaranya:
  • Investor
Seorang investor atau penanam modal dalam perusahaan juga dengan para penasihatnya berkepentingan mengetahui hasil dari investasi mereka, juga dengan resiko resiko melekat dan yang mungkin akan ditimbulkan dari investasi yang telah mereka keluarkan untuk perusahaan. kepentingannya sangat sederhana, mendapatkan laba, serta memutuskan apakah mereka tetap akan menjadi investor, mengurangi jumlah kepemilikan saham atau bahkan menarik diri (menjual saham) dari perusahaan. mereka juga tertarik dengan informasi mengenai kemampuan perusahaan dalam membayar deviden bagi mereka.
  • Karyawan
Karyawan perusahaan atau kelompok yang mewakili suara merka juga membutuhkan informasi mengenai tingkat profitabilitas serta tingkat kestabilitas perusahaan. mereka ingin mengetahui informasi yang memungkinkan para karyawan untuk mengetahui kemampuan perusahaannya dalam memberikan tingkat upah (balas jasa), mengetaui informasi kesempatan kerja juga informasi manfaat pensiun.
  • Kreditur
Pemberi Pinjaman atau kreditur juga berkepentingan dengan laporan keuangan yang bisa memberikan informasi bagi mereka apakah pinjaman yang telah mereka berikan juga bunganya bisa terbayarkan saat sudah jatuh tempo nanti. Pemberi pinjaman ini bisa bank atau lembaga bukan bank atau individu dan entitas lainnya.
  • Pemasok (rekanan) dan kreditor usaha 
Pemasok  atau rekanan misal pemasok bahan baku bagi perusahaan juga memerlukan dengan laporan keuangan untuk mereka mengambil keputusan apakah nominal yang terhutang akan terbayar saat tiba jatuh tempo. kreditor usaha memerlukan informasi untuk kepentingan apabila perusahaan yang dihutangi adalah pelanggan utama perusahaan pemasok, dan kelangsungan hidup pemasok ini tergantung pada mereka.
  • Pemerintah
Nah, kepentingannya dominan berkaitan dengan  pajak, pemerintah memerlukan laporan keuangan perusahaan untuk mengatur aktivitasnya, menyusun statistik untuk kepentingan negara tentunya, juga yang utama adalah menetapkan kebijakan pajaknya. akuntansi yang digunakan disini berbeda antara laporan akuntansi keuangan perusahaan, biasa disebut dengan Akuntansi Perpajakan
  • Pelanggan
Jika suatu pelanggan terlibat dalam suatu perjanjian jangka panjang dengan perusahaan, mereka juga membutuhkan informasi tentang kelangsungan hidupperusahaan
  • Masyarakat
Sebuah perusahaan bisa mempengaruhi masyarakat dalam beberapa cara, misal jumlah orang yang menjadi pekerja diperusahaan, perlindungan untuk penanam modal dalam negeri. informasikeuangan perusahaan bisa membantu masyarakt menyediakn info atau trend perkembangan terahir tentang rangkaian aktifitas perusahaan..
  • Tukang Parkir
Nah yang satu ini sepertinya ga termasuk.. hehe intemezo saja :)
Ok, demikian tentang Siapa Pengguna Laporan Keuangan, semoga tulisan ini bermanfaat, terima kasih




Demikianlah Artikel Pengguna Laporan Keuangan?

Sekianlah artikel Pengguna Laporan Keuangan? kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengguna Laporan Keuangan? dengan alamat link https://magisterakutansi.blogspot.com/2015/01/siapa-pengguna-laporan-keuangan.html

0 Response to " Pengguna Laporan Keuangan? "