Welcome to MAGISTER AKUNTANSI - The Perfect Partner For Your Business
Contact : Phone 0821-2566-2195 Wa 0821-2566-2195 Pengertian AMORTISASI | Magister Akuntansi

Labels

Pengertian AMORTISASI

Pengertian AMORTISASI - Hallo sahabat Magister Akuntansi , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian AMORTISASI , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Aktiva Tidak Berwujud , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengertian AMORTISASI
link : Pengertian AMORTISASI

Baca juga


Pengertian AMORTISASI

Amortisasi


Amortisasi - Didalam Ilmu Akuntansi mengenal dengan yang namanya suatu penurunan nilai atau penyusutan dari sebuah aset yang mempunyai umur ekonomis yang lama. Aset yang mempunyai umur ekonomis lumayan lama adalah Aset Tetap dan Aset Tidak Berwujud. Contoh Aset Tetap misalnya Tanah, Bangunan, Mesin, kendaraan dan yang lainnya dan contoh dari Aset Tak Berwujud adalah Hak Paten, Merk Dagang, Goodwill dan yang lainnya. Semua Aset tersebut memiliki umur ekonomis dan mengalami penurunan nilai tiap saat. Nah penurunan nilai didalam Pengertian Akuntansi di kenal sebagai Penyusutan (depresiasi) untuk Aset Tetap dan Amortisasi (amortization) untuk Aktiva Tidak Berwujud.

pengertian amortisasi
Amortisasi

Depresiasi merupakan alokasi secara sistematis jumlah nominal yang bisa disusutkan atas suatu aset tetap selama masa manfaatnya (umur ekonomis) aset tersebut. dan sedangkan Pengertian Amortisasi adalah suau penurunan atau pengurangan nilai suatu Aktiva tidak berwujud secara bertahap dalam rentang jangka waktu tertentu disetiap periode akuntansi. Pengurangan nilai aktiva tak berwujud ini dilakukan dengan cara mendebit akun beban amortisasi dan mengkredit akun aktiva tak berwujud. jadi terlihat bedanya:

Aktiva Tetap : Penyusutan
Aktiva Tidak Berwujud : Amortisasi

Contoh jurnalnya :

Debit | Beban Amortisasi Goodwill Rp100
Kredit | Goodwill Rp100


Definisi Amortisasi yang lain menyebutkan, amortisasi adalah Non Notification Loan yaitu suatu prosedur akuntansi yang dengan cara bertahap mengurangi nilai biaya dan suatu aset dengan umur ekonomis yang terbatas atau aktiva tak berwujud lain melalui pembebanan secara berkala ke pendapatan. Amortisasi juga bisa memiliki arti pengurangan kewajiban dengan  pembayaran pokok serta bunga dengan teratur dalam jumlah tertentu hingga pinjaman terbayar ketika tanggal jatuh tempo.

Semisal apabila biaya sebesar Rp 10 Juta dan harus di amortisasi selama 10 tahun, laporan keuangan nanti akan menyajikan biaya Rp 10 juta /tahun selama 10 tahun. apabila biaya tidak di amortisasi kan, seluruh Rp 10 juta akan muncul didalam laporan keuangan sebagai beban pada saat tahun pengeluaran itu dilakukan.




Demikianlah Artikel Pengertian AMORTISASI

Sekianlah artikel Pengertian AMORTISASI kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian AMORTISASI dengan alamat link https://magisterakutansi.blogspot.com/2015/03/pengertian-amortisasi.html

0 Response to " Pengertian AMORTISASI "