Judul : Empat Bauran Kategori Strategi Menurut BCG
link : Empat Bauran Kategori Strategi Menurut BCG
Empat Bauran Kategori Strategi Menurut BCG
· Star/Hold, Star, di kuadran I
yang termasuk dalam
kategori Star adalah produk atau unit bisnis yang memiliki pangsa pasar yang
dominan dan pertumbuhan yang cepat serta menghasilkan uang (pendapatan) yang
besar. Ini berarti produk-produk yang dihasilkan merupakan produk-produk
terkemuka yang diminati oleh pasar. Perusahaan membutuhkan banyak investasi
untuk mempertahankan posisi produk-produk tersebut dan untuk mendukung
pertumbuhan lebih lanjut serta mempertahankan keunggulan-keunggulan atas produk
tersebut agar dapat tetap bersaing dengan produk kompetitor lainnya. Misi
strategik ini melindungi dan mempertahankan pangsa pasar unit bisnis dan posisi
bersaingnya di pasar.
·
Question Mark/Build,di kuadran II
kesempatan memperbaiki produk dan juga disarankan untuk berinvestasi. Pada fase ini, rentan untuk berpindah posisi karena jika tidak berhasil dalam membangun maka bisa saja berpindah ke fase dog atau harvest. Fase ini mempunyai sumber kas yang rendah tetapi penggunaan kas tinggi. Misi ini menyiratkan suatu sasaran untuk meningkatkan pangsa pasar dimana pertumbuhan pasar relatif tinggi tetapi sumber kasnya rendah sehingga penggunaan kasnya tinggi karena dana dibutuhkan untuk meningkatkan pangsa pasar.
·
Harvest/Cow, di kuadran III
digunakan untuk memaksimalkan laba jangka pendek dan arus kas. Panen dikarenakan uang diterima lebih banyak untuk membantu investasi di build, namun fase ini jangan berinvestasi karena rentan terhadap permintaan dan pemenuhan kebutuhan. Pertumbuhan yang sedikit tapi pangsa pasarnya tinggi. Misi strategik ini mempunyai sasaran untuk memaksimalkan laba jangka pendek dan arus kas. Perusahaan telah mempunyai pangsa pasar yang tinggi walaupun dalam keadaan pertumbuhan industri yang relatif rendah.
·
Dog/Divest, kuadran IV
memiliki pangsa pasar rendah dan mengalami tingkat pertumbuhan yang rendah sehingga jangan berinvestasi. Produk-produk pada kategori ini biasanya hanya memberikan kontribusi keuntungan yang sangat rendah atau bahkan harus menderita kerugian. Produk atau bisnis unit kategori Dogs ini umumnya merupakan beban bagi perusahaan karena dapat menguras waktu manajemen dan sebagian besar sumber daya perusahaan. Unit bisnis atau produk yang telah berada pada kategori ini biasanya akan mengalami pengurangan, divestasi ataupun likuidasi oleh manajemen perusahaan. Fase ini perusahaan akan mengalami kebangkrutan. Misi strategik ini mengindikasikan suatu keputusan untuk membubarkan bisnisnya atau melalui likuidasi perlahan-lahan. Hal ini ditunjukan oleh adanya suatu fakta perkembangan selama beberapa periode dimana pangsa pasar yang selalu rendah sementara pertumbuhan pasar industrinya juga rendah, sehingga perusahaan tidak dapat tumbuh secara sehat dan menguntungkan.
Demikianlah Artikel Empat Bauran Kategori Strategi Menurut BCG
Anda sekarang membaca artikel Empat Bauran Kategori Strategi Menurut BCG dengan alamat link https://magisterakutansi.blogspot.com/2021/04/empat-eauran-kategori-strategi-menurut.html
0 Response to " Empat Bauran Kategori Strategi Menurut BCG "
Posting Komentar