Welcome to MAGISTER AKUNTANSI - The Perfect Partner For Your Business
Contact : Phone 0821-2566-2195 Wa 0821-2566-2195 Empat Bauran Kategori Strategi Menurut BCG | Magister Akuntansi

Labels

Empat Bauran Kategori Strategi Menurut BCG

Empat Bauran Kategori Strategi Menurut BCG - Hallo sahabat Magister Akuntansi , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Empat Bauran Kategori Strategi Menurut BCG , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Manajemen Strategi , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Empat Bauran Kategori Strategi Menurut BCG
link : Empat Bauran Kategori Strategi Menurut BCG

Baca juga


Empat Bauran Kategori Strategi Menurut BCG

 


·       Star/Hold, Star, di kuadran I 

 
yang termasuk dalam kategori Star adalah produk atau unit bisnis yang memiliki pangsa pasar yang dominan dan pertumbuhan yang cepat serta menghasilkan uang (pendapatan) yang besar. Ini berarti produk-produk yang dihasilkan merupakan produk-produk terkemuka yang diminati oleh pasar. Perusahaan membutuhkan banyak investasi untuk mempertahankan posisi produk-produk tersebut dan untuk mendukung pertumbuhan lebih lanjut serta mempertahankan keunggulan-keunggulan atas produk tersebut agar dapat tetap bersaing dengan produk kompetitor lainnya. Misi strategik ini melindungi dan mempertahankan pangsa pasar unit bisnis dan posisi bersaingnya di pasar.

 
·       Question Mark/Build,di kuadran II 

 kesempatan memperbaiki produk dan juga disarankan untuk berinvestasi. Pada fase ini, rentan untuk berpindah posisi karena jika tidak berhasil dalam membangun maka bisa saja berpindah ke fase dog atau harvest. Fase ini mempunyai sumber kas yang rendah tetapi penggunaan kas tinggi. Misi ini menyiratkan suatu sasaran untuk meningkatkan pangsa pasar dimana pertumbuhan pasar relatif tinggi tetapi sumber kasnya rendah sehingga penggunaan kasnya tinggi karena dana dibutuhkan untuk meningkatkan pangsa pasar. 

 
·       Harvest/Cow, di kuadran III

digunakan untuk memaksimalkan laba jangka pendek dan arus kas. Panen dikarenakan uang diterima lebih banyak untuk membantu investasi di build, namun fase ini jangan berinvestasi karena rentan terhadap permintaan dan pemenuhan kebutuhan. Pertumbuhan yang sedikit tapi pangsa pasarnya tinggi. Misi strategik ini mempunyai sasaran untuk memaksimalkan laba jangka pendek dan arus kas. Perusahaan telah mempunyai pangsa pasar yang tinggi walaupun dalam keadaan pertumbuhan industri yang relatif rendah.

 
·       Dog/Divest, kuadran IV

 memiliki pangsa pasar rendah dan mengalami tingkat pertumbuhan yang rendah sehingga jangan berinvestasi. Produk-produk pada kategori ini biasanya hanya memberikan kontribusi keuntungan yang sangat rendah atau bahkan harus menderita kerugian. Produk atau bisnis unit kategori Dogs ini umumnya merupakan beban bagi perusahaan karena dapat menguras waktu manajemen dan sebagian besar sumber daya perusahaan. Unit bisnis atau produk yang telah berada pada kategori ini biasanya akan mengalami pengurangan, divestasi ataupun likuidasi oleh manajemen perusahaan. Fase ini perusahaan akan mengalami kebangkrutan. Misi strategik ini mengindikasikan suatu keputusan untuk membubarkan bisnisnya atau melalui likuidasi perlahan-lahan. Hal ini ditunjukan oleh adanya suatu fakta perkembangan selama beberapa periode dimana pangsa pasar yang selalu rendah sementara pertumbuhan pasar industrinya juga rendah, sehingga perusahaan tidak dapat tumbuh secara sehat dan menguntungkan.



Demikianlah Artikel Empat Bauran Kategori Strategi Menurut BCG

Sekianlah artikel Empat Bauran Kategori Strategi Menurut BCG kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Empat Bauran Kategori Strategi Menurut BCG dengan alamat link https://magisterakutansi.blogspot.com/2021/04/empat-eauran-kategori-strategi-menurut.html

0 Response to " Empat Bauran Kategori Strategi Menurut BCG "